Wall Street Ditutup Menguat Didukung Kinerja Emiten, S&P500 Capai Rekor Lagi

UKYE

Bursa saham Amerika ditutup menguat hari Jumat (22/5) dini hari tadi, indeks S & P 500 naik 0,2 persen menjadi 2,130.82 pada pukul 4 pm di New York, capai rekor lagi untuk yang ke empat pada tahun ini. Dow Jones Industrial Average menambahkan 0,34 poin, atau kurang dari 0,1 persen, ke 18,285.74. Nasdaq Composite Index naik 0,4 persen. Baik Dow dan Nasdaq sempat naik di atas level rekor penutupan mereka. Sekitar 5,7 miliar saham berpindah tangan di bursa AS, 12 persen di bawah rata-rata tiga bulan.

Pembelian rumah bekas secara tak terduga turun pada bulan April, tanda pemulihan industri tetap tidak merata. Laporan lain menunjukkan indeks indikator ekonomi yaitu indeks manufaktur untuk wilayah Philadelpia, untuk bulan April naik tertinggi dalam sembilan bulan walaupun kurang dari perkiraan para ekonom. Demikian juga dengan rata-rata klaim pengangguran menurun ke level terendah 15 tahun.

Indeks Volatilitas Chicago Board Options Exchange turun 6 persen menjadi 12,11, level terendah 2015.

Tujuh dari 10 kelompok utama dalam indeks S & P 500 ditutup menguat, dipimpin sektor energi dan perusahaan telepon. Noble Corp dan Transocean naik setidaknya 4,3 persen saat harga minyak rally untuk hari kedua.

Perusahaan keuangan tergelincir 0,2 persen. Asuransi Aflac Inc tenggelam 2,8 persen setelah kepala eksekutif mengatakan perusahaan sedang mencari pengganti Kriss Cloninger sebagai chief financial officer pada akhir Juni nanti.

Best Buy naik 3,9 persen, gain terbaik tahun ini, setelah membukukan laba kuartal pertama yang melampaui estimasi analis setelah penjualan televisi layar besar dan iPhone baru membantu meningkatkan penjualan mereka di AS.

Harga saham Hewlett-Packard Co naik 2,3 persen setelah menjual sebagian dari saham mayoritasnya ke Tsinghua University senilai $ 2.3 miliar. Qualcomm Inc naik 1,2 persen karena mempercepat pembelian kembali sahamnya sendiri yang senilai $ 5 miliar. Demikian juga dengan Apple Inc, harga sahamnya naik 1 persen.

Harga saham perusahaan kereta api rebound. Kansas City Southern, Union Pacific Corp dan Norfolk Southern Corp naik setidaknya 1 persen Kamis.

Dow Jones Transportation Average melompat 0,6 persen untuk pulih dari penurunannya yang sebesar 2 persen pada Rabu lalu.

NetApp Inc merosot 10 persen, terbesar dalam tiga tahun, setelah laba kuartalan dan pendapatan meleset dari perkiraan analis dan perusahaan pengelolaan data ini memangkas proyeksi setahun penuh.

Lumber Likuidator Holdings Inc anjlok 17 persen ke level terendah dalam lebih dari tiga tahun setelah Chief Executive Officer Robert Lynch menyatakan akan mengundurkan diri setelah timbulnya kasus dimana perusahaan ini menjual cairan lantai yang mengandung racun setingkat formaldehid.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Vibiz Securities Academy

Editor : Jul Allens

Leave a comment