Emas Minggu Lalu dan Minggu Ini

gold-flickr-2-700x357

Emas pada minggu lalu kebanyakan naik lebih tinggi sebelum diakhiri dengan datar. Harga emas turun banyak dan mendekati kerendahan harian di pertengahan hari Jumat minggu lalu. Rally di indeks dolar AS yang ditradingkan dekat ketinggian selama sesi tersebut, memberikan tekanan terhadap harga emas, perak dan sektor komoditi mentah lainnya. Setelah harga mencapai ketinggian selama lima minggu pada hari Kamis, pasar emas ditutup dekat kerendahan mingguan pada akhir minggu.

Emas Comex bulan Juni turun $5 atau 0.4% selama seminggu lalu dan ditutup di $1,230.80 per ons.

Perak Comex bulan Mei mengalami minggu yang lebih baik dengan naik 66.5 sen atau 4.1% menjadi $16.92 dan pada hari Kamis sempat menyentuh ketinggian selama 11 bulan di $17.72 per ons.

Para trader emas akan memperhatikan pada minggu ini untuk melihat apakah pernyataan setelah pertemuan dari FOMC melakukan sesuatu yang mengubah pandangan pasar bahwa pembuat kebijakan adalah “dovish”.

Jika tidak, maka hari-hari yang bagus akan terus berlanjut bagi emas, kata para pengamat. Sebegitu jauh di tahun 2016, Federal Reserve telah menekan gas pengetatan moneter dan sebagai akibatnya emas telah naik tinggi. Ini adalah pembalikan arah dari akhir 2015 ketika kenaikan tingkat bunga yang pertama di dalam hampir satu dekade telah mengirim emas ke posisi terendah selama tujuh tahun.

Sentimen di pasar emas tetap volatil dengan mayoritas yang kuat dari investor ritel terus memandang harga emas akan naik dalam jangka pendek, sementara ada peningkatan ketidak pastian di kalangana professionals, menurut hasil dari Kitco News Wall Street Vs. Main Street Gold Survey minggu ini.

Untuk minggu kedua berturut-turut, Main Street dan Wall Street memilik pandangan yang berlawanan akan pergerakan harga emas minggu ini, dengan sedikit lebih banyak para analis “bearish” terhadap harga emas disebabkan harga emas sekali lagi gagal mengetest ketinggian selama 13 bulan di bulan Maret.

Diantara investor ritel ada ekspektasi yang kuat bahwa harga emas akan terus naik lebih tinggi. Dari 602 orang yang berpartisipasi di Kitco’s online and Twitter gold surveys, 434 atau 72% berkata mereka memperkirakan harga emas akan naik minggu ini, pada saat yang bersamaan 113 orang atau 19% berkata mereka memperkirakan emas akan turun minggu ini dan 59 atau 10% netral.

Dari 36 expert pasar yang dikontak, 18 merespon dengan 5 profesional atau 28% berkata mereka bullish terhadap emas. Pada saat yang bersamaan 5 profesional juga berkata mereka netral. 8 profesional atau 44% berkata mereka “bearish”. Partisipan pasar termasuk bullion dealers, investment banks, futures traders dan technical-chart analysts.

Walaupun para analis memperkirakan harga akan turun dalam jangka pendek, outlook mereka yang “bearish” ditahan dengan kenyataan bahwa banyak yang memperkirakan harga emas akan tetap berada pada “range bound” dengan $1,220 memberikan suatu “support” minggu ini.

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s