Market Movers: Harga Minyak Naik, Pidato Draghi Uji Penguatan Euro

monexnews_currency2_eur

Monexnews – Harga minyak mentah kini di atas $51 per barel didukung penyusutan suplai minyak dan pelemahan dolar AS. Hari ini perhatian utama pasar akan tertuju pada pidato Presiden European Central Bank (ECB), Mario Draghi dan angka pengangguran mingguan di AS.

Dolar AS melemah, termasuk terhadap euro dan yen, sehingga ikut membantu menaikkan harga minyak mentah. Indeks Nikkei melemah lebih dari 140 poin dalam penguatan yen, sedangkan indeks Kospi menguat sekitar 0.4% setelah Bank of Korea menurunkan tingkat suku bunga menjadi 1,25%.

Keputusan Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) untuk mempertahankan suku bunga disambut baik investor dolar Selandia Baru. NZDUSD dibuka gap up dan naik lebih dari 100 pips ke dekat level tinggi 7-bulan.

Beberapa faktor yang berpotensi menjadi market movershari ini:

Pidato Presiden European Central Bank (ECB)

Mario Draghi akan berpidato dalam acara Brussel Economic Forum, sebuah peluang untuk pergerakan euro. Penguatan euro beberapa sesi terakhir dapat membuat Draghi menegaskan komitmen kebijakan moneter dovish bank pimpinannya. Sinyal stimulus biasanya menjadi tekanan untuk mata uang domestik.

Klaim Pengangguran AS

Para pelaku pasar mengestimasi klaim pengangguran AS akan sedikit naik menjadi 270.000 klaim pada pekan lalu dari 267.000 klaim pada pekan sebelumnya. Jumlah pengangguran AS yang bertambah dapat kembali melemahkan dolar AS.

Detail jadwal ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Yulia Safrina)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s