Market Movers: Harga Minyak Turun, Risk Aversion Mencuat Jelang Data AS

monexnews_flag_usa

Monexnews – Sentimen risk aversion muncul pada pagi hari sesi perdagangan hari Selasa (26/7) setelah harga minyak mentah menyentuh level rendah 3-bulan yang memicu pelemahan pasar saham dan sebaliknya menguatkan aset safe haven yen dan emas. Selain sentimen risk aversion, hari ini pasar juga akan menantikan rilis dua data AS dan waspada menyambut hari pertama pertemuan 2-hari Federal Open Market Committee (FOMC).

Pasar saham Asia kompak melemah dipimpin penurunan indeks saham Jepang. Harga minyak mentah bertahan di atas $43 per barel pada hari Selasa, setelah harganya sempat berakhir turun lebih dari $1 per barel di level $43.13 pada sesi perdagangan Senin, level rendah 3-bulan. Pelemahan pasar saham dan minyak mentah menjadikan investor mencari aset safe haven seperti yen dan emas.

Beberapa faktor yang berpotensi menjadi market movershari ini:

  • Sentimen risk aversion

Pasar memburu aset-aset safe haven seperti yen dan emas setelah harga minyak mentah kemarin berakhir melemah lebih dari 2%. USDJPY melemah lebih dari 1% ke area 104 dan XAUUSD menguat lebih dari $7 menyentuh level $1322.52 di awal sesi Asia. Kelanjutan sentimen risk aversion berpotensi melemahkan pasar saham Eropa dan AS nanti.

  • Data AS

Hasil survei CB diprediksi akan menunjukkan penurunan keyakinan konsumen AS dari level 98.0 pada bulan Juni menjadi 95.8 untuk bulan Juli. Namun di saat bersamaan, penjualan rumah baru AS diprediksi bertumbuh dari laporan penjualan 551.000 unit pada bulan Mei menjadi 560.000 unit pada bulan Juni.

Bagaimana pun juga, indeks dolar masih berada di level tinggi lebih dari 4-bulan. Angka aktual yang lebih baik dari prediksi berpotensi mendukung penguatan dolar AS. Angka indeks Fund Futures dari CME Group menggambarkan ekspektasi pasar yang menaikkan peluang dari 38,5% menjadi peluang 40% adanya kenaikan 25 basis poin suku bunga AS pada akhir tahun.

Detail jadwal ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Yulia Safrina)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s