Harga Emas Rebound, Didukung Oleh Data PDB AS Yang Mengecewakan

monexnews_gold1

Monexnews – Harga emas melonjak tajam pada hari Jumat, naik ke level tertinggi dua pekan, karena dollar AS yang turun tajam karena data PDB AS yang pesimis dan menguatnya yen setelah Bank of Japan menyetujui langkah stimulus yang moderat pada pertemuan di Tokyo

Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa pertumbuhan PDB pada tingkat tahunan sebesar 1.2% di kuartal kedua, berada jauh di bawah estimasi ekonom untuk pertumbuhan 2.6%.

Harga emas spot, yang awalnya melemah, mencapai level tertinggi sejak 12 Juli di $1,355.02/onz setelah data AS dan terakhir terlihat naik 1.1% di level $1,350.70.

Berdasarkan data dari FactSet, untuk pekan ini, harga emas berakhir hampir 2.6% lebih tinggi. Berdasarkan harga penutupan untuk kontrak aktif pada tanggal 30 Juni di $1,320.60, harga terlihat mengalami kenaikan 2.8%. Harga emas saat ini membukukan kenaikan enam dari tujuh bulan terakhir sepanjang tahun ini.

Analis dari Commerzbank mengatakan bahwa keputusan the Fed untuk menaikan suku bunga yang bergantung dari data dan jika angka ekonomi masih mengecewakan, seperti pertumbuh PDB kuartal kedua yang dirilis pada hari Jumat, emas masih akan terdorong lebih tinggi.

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s