Market Movers: Pasar Bergerak Terbatas Menjelang Dimulainya Simposium Jackson Hole

monexnews_flag_usa

Monexnews – Dollar AS kembali bergerak melemah terhadap major currency lainnya pada awal sesi perdagangan Asia hari Kamis, menjelang rilis data Durable Goods dan klaim pengangguran AS. Yang mungkin bisa memperkuat atau bahkan sebaliknya meredam ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve di tahun ini.

Namun apapun hasil dari ke-2 data tersebut, reaksi pasar kemungkinan hanya akan terbatas menjelang dimulainya pertemuan bank sentral global di Jackson Hole, Wyoming, pada hari Kamis. Dimana Ketua Fed Janet Yellen dijadwalkan untuk berpidato pada hari Jumat. Pelaku pasar berharap Yellen akan menyuarakan pandangan hawkis yang serupa dengan pejabat Fed lainnya pekan lalu, termasuk Wakil Ketua Stanley Fischer.

Beberapa faktor yang berpotensi menjadi market movers hari ini:

Data Ekonomi Jerman
Ifo Institute for Economic Research dijadwalkan untuk merilis indeks sentimen bisnis Jerman untuk bulan Agustus pada pukul 15.00 WIB. Hasil survey terhadap sekitar 7000 perusahaan di Jerman ini kemungkinan akan menunjukkan sedikit meningkatnya optimisme pelaku bisnis terhadap outlook 6-bulan ke depan, dengan indeks diprediksi naik menjadi 108.5 dari 108.3 pada bulan Juli. Angka yang lebih baik dari ekspektasi bisa meredakan kekhawatiran atas dampak ‘Brexit’ dan mendorong apresiasi EURUSD.

Data Ekonomi AS
Data durable goods inti dan klaim pengangguran AS dijadwalkan rilis dalam waktu yang bersamaan, yaitu pada pukul 19.30 WIB. Pesanan untuk durable goods inti diperkirakan meningkat 0,5% pada bulan lalu setelah merosot 0,4% pada bulan Juni, sementara survey Reuters menunjukkan rata-rata ekonom memprediksi klaim awal pengangguran AS naik menjadi 265.000 pada pekan lalu dari sebelumnya 262.000. Angka-angka yang lebih baik dari estimasi bisa mendorong harapan kenaikan suku bunga di tahun ini dan memacu penguatan USD, yang sebaliknya juga akan melemahkan harga emas, meskipun pergerakan relatif masih akan terbatas menjelang pidato Ketua Fed Janet Yellen pada hari Jumat.

Detail jadwal ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report. (vid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s