Keyakinan 2 Pejabat Fed Tinggikan Dollar AS Akhir Pekan

fed-700x357

Ditengah perdagangan sesi Amerika akhir pekan (26/8) dollar AS berhasil rally memangkas pelemahannya selama 9 hari perdagangan setelah Federal Reserve malam ini menyampaikan optimisme mereka untuk kenaikan suku bunga lanjutan pada tahun ini satu hingga 2 kali lagi. Pasar sangat menyimak komentar pejabat-pejabat Fed pada pertemuan tahunan mereka di Jackson Hole Symposium.

Lihat: Fed Yellen : Kesempatan Kenaikan Suku Bunga AS Telah Menguat

Dalam pertemuan yang akan berakhir pada hari Minggu nanti, Janet Yellen sebagai Ketua Fed AS menyatakan dalam pidatonya bahwa jalan menuju kenaikan Fed rate sangat kuat bahkan secepat bulan depan ataupun akhir tahun ini. Setelah itu wakil ketua Stanley Fischer menyatakan kenaikan suku bunga dimungkinkan terjadi satu sampai dua kali lagi jika data-data ekonomi pendukung menunjukkan kekuatan.

Lihat: Kondisi Ekonomi Amerika Sedang Turun, PDB Q2 Dibawah Harapan

Sebelumnya kondisi dollar masih mengkhawatirkan apalagi data fundamental pendukung menunjukkan sinyal yang lemah seperti data PDB Q2-2016, data neraca perdagangan bulan Juli serta revisi sentimen konsumen berdasarkan survey UoM.

Terhadap rival-rivalnya terpantau malam ini bergerak lemah  setelah komentar kedua pejabat bank sentral Amerika tersebut yang hawkish. Sebelum sentimen ini muncul dollar melemah terhadap hampir semua rivalnya.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak berusaha kuat setelah sebelumnya dibuka  melemah pada posisi 94.76  dan malam ini bergerak  pada posisi yang sangat kuat ke posisi 95.22.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s