Minyak Turun Hampir 2% Karena Lonjakan Output OPEC

monexnews_oil_1

Monexnews – Harga minyak jatuh hampir 2% pada hari Senin, hentikan penguatan selama dua hari terakhir, karena kehati-hatian investor terhadap lonjakan produksi minyak di Timur Tengah dan menguatnya dollar yang ditopang oleh spekulasi kenaikan suku bunga AS pada akhir tahun.

Irak, yang telah mengekspor lebih banyak minyak mentahnya dari kilang wilayah selatan di bulan Agustus, akan melanjutkan kenaikan produksinya, ucap menteri perminyakan pada hari Sabtu. Sementara itu Arab Saudiyang merupakan eksportir terbesar masih mempertahankan output di kisaran level rekor pada bulan ini.

Dollar menyentuh level terkuat dalam tiga pekan terhadap yen setelah ketua Federal Reserve Janet Yellen meningkatkan ekspektasi dalam pidatonya pada hari Jumat bahwa bank sentral akan naikan suku bunga segera. Dollar yang menguat membuat komoditas yang berdenominasi greenback menjadi kurang menarik untuk pemegang mata uang lainnya.

Fokus terhadap produksi di Timur Tengah dan penguatan dollar juga diimbangi oleh data dari layanan pemantau energi Genscape yang menunjukkan penurunan cadangan sebanyak 287.444 barel di Cushing untuk periode pekan yang berakhir 26 Agustus, ucap trader yang melihat laporan tersebut.

Minyak mentah AS turun 66 sen, atau 1.39%, di $46.98 setelah turun lebih dari $1 di level terendah sesi.

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s