Market Movers: Kejatuhan Saham Deutsche Bank Kembali Menghantui Pasar Keuangan Global

monexnews_oil_1

Monexnews – Mata uang yen mengembalikan pelemahan sebelumnya di sesi perdagangan Asia pada hari Jumat karena indeks manufaktur China dari Caixin datang sesuai perkiraan, imbangi hasil dari data ekonomi Jepang yang hasilnya bervariasi untuk harga konsumen, belanja rumah tangga, produksi industri dan kerja. Untuk mata uang yen berpeluang lanjutkan penguatannya karena pasar yang masih menjauh aset beresiko terkait pelemahan di pasarekuitas.

Pasar ekuitas Asia bergerak lebih rendah di hari terakhir perdagangan periode kuartal ketiga, dibebani oleh ketidakstabilnya saham Deutsche Bank yang telah menggiring turun pasar ekuitas AS. Namun untuk pasar ekuitas kemungkinan pelemahannya terbatas karena masih relinya harga komoditas, terutama minyak.

Harga emas menguat tipis pada hari Jumat karena kecemasan investor terhadap Deutsche Bank yang memicu aksi jual di pasar ekuitas dan membantu menopang permintaan untuk safe haven. Namun untuk penguatan emas berpeluang terbatas, mengingat masih solidnya dollar AS karena data PDB AS yang optimis.

Harga minyak melemah tipis pada hari Jumat, Disebabkan oleh aksi ambil untung, setelah melonjak 7% di dua sesi sebelumnya, di tengah keraguan rencana pertama OEC untuk membatasi output dalam delapan tahun akan membuat penurunan yang berkelanjutan di pasokan minyak global yang sudah melimpah. Untuk hari ini pasar akan melihat data laporan rig AS yang akan dirilis pada Jumat tengah malam untuk pedoman pergerakan harga minyak lebih lanjut.

 

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s