Dollar dan Aksi Profit Taking Batasi Penguatan Minyak

monexnews_oil_1

Monexnews – Sepanjang bulan September minyak mentah menguat hampir 8%, ditopang oleh rencana OPEC untuk membatasi produksi, namun aksi profit taking membatasi penguatan minyak di hari Jumat. Penguatan dollar di awal perdagangan juga membebani pergerakan minyak.

Perusahaan Baker Hughes melaporkan jumlah rig yang aktif mengebor minyak di AS bertambah sebanyak 7 menjadi 425, menjadi penambahan ke 13 dalam 14 pekan terakhir.

Jumlah rig yang aktif sepanjang kuartal ketiga tahun ini bertambah sebanyak 95, menjadi yang terbanyak sejak tahun 2014, namun laju penambahan tersebut masih rendah akibat harga minyak yang berada di bawah $50 per barel meski OPEC berencana membatasi produksi untuk petama kalinya dalam delapan tahun terakhir.

Rusia salah satu produsen besar non-OPEC saat ini memproduksi minyak dekat rekor tertinggi, namun juga akan membatasi produksi jika mencapai kesepakatan dengan OPEC. Sementara itu Amerika Serikat sedikit pesimis jika kesepakatan tersebut akan membawa harga minyak naik dalam jangka panjang. Detail rencana pembatasan produksi OPEC akan difinalisasi pada pertemuan kartel tersebut di bulan November.

Minyak pada perdagangan Jumat berakhir di level 48.03.

(pap/Monex)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s