Ekspektasi Pasar Diatas OPEC, Harga Minyak Berpotensi Menguat

monexnews_oil_1

Monexnews – Harga minyak menguat hingga menyentuh level 48.04 di sesi Asia pagi hari ini. Kisaran harga minyak ini berpotensi akan menemukan support di 43.05 dan resisten di 48.33.

Minggu lalu, harga minyak masih menguat pasca kesepakatan OPEC di International Energy Forum (IEF) untuk membatasi produksi minyak sekitar satu juta barel per hari menjadi kisaran 32.5 – 33 juta barel per hari.

Mengenai pembagian pembatasan produksi minyak antar produsen OPEC akan diperjelas di pertemuan OPEC berikutnya di Vienna, akhir November nanti.

Hasil data survei Reuters menunjukkan peningkatan volume produksi minyak tahun ini mencapai 33.6 juta barel per hari bulan September 2016 dari 33.53 juta barel per hari pada bulan Agustus 2016.

Namun, pasar sendiri masih pesimis akan kebijakan OPEC ini. Sebagian traders percaya bahwa kebijakan ini tidak cukup efektif untuk membawa harga minyak ke bawah level tingkat konsumsi pasar, ditambah dengan kecilnya potensi keinginan negara – negara produsen OPEC untuk konsisten terhadap kesepakatan ini.

Hal ini juga didukung oleh komentar dari British Bank yang melihat tidak adanya potensi harga melemah di kuartal keempat ini walaupun pelemahan harga saat kuartal keempat sudah terjadi di tahun 2015 lalu.

British Bank juga menyatakan bahwa harga minyak masih berpotensi menguat dengan didukung oleh meningkatnya pertumbuhan perekonomian Asia, menurunnya tingkat penawaran minyak dunia, dan meningkatnya tingkat investasi terhadap minyak. Ketiga hal ini dianggap menjadi penopang utama dari potensi penguatan harga minyak ini.

Aktivitas trading minyak hari ini akan menjadi terbatas dengan adanya libur nasional di Cina dan Jerman yang juga berarti liburnya pasar terbesar Asia dan Eropa.

(Steven H)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s