Market Movers : Data Klaim Tunjangan Pengangguran AS Menjadi Fokus Hari Ini

monexnews_flag_usa

Monexnews – Dollar menguat terhadap yen pada awal sesi perdagangan hari Kamis dan masih bergerak stabil terhadap mata uang utama lainnya menjelang laporan payroll di akhir pekan ini yang dapat memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan naikan suku bunga di bulan Desember. Sebelum perilisan data, yang mendukung penguatan dollar adalah pernyataan dari Presiden Fed Chicago yang mengatakan “tidak masalah” dengan kenaikan suku bunga di akhir tahun ini jika data ekonomi AS masih solid. Data ekonomi yang menjadi fokus pada hari ini adalah klaim tunjangan pengangguran AS yang akan dirilis pukul 19:30 WIB.

Untuk pasar ekuitas Asia dibuka lebih tinggi pada hari Kamis, ditopang oleh kenaikan harga minyak, namun para trader kemungkinan akan melihat potensi kerusakan dari angin topan Chaba di Korea Selatan, yang juga diperkirakan akan berdampak di wilayah barat Jepang. Indeks Nikkei saat ini diperdagangkan lebih tinggi pada awal sesi ini karena yen yang terus melemah terhadap dollar. Pelemahan yen akan membantu kinerja saham para eksportir.

Harga emas menguat tipis di awal perdagangan Asia karena data kerja swasta AS di luar sektor pertanian hasilnya lebih lemah dari perkiraan, yang menyebabkan dollar melemah. Investor sebelum perilisan data non farm payroll pada malam ini akan menantikan laporan klaim tunjangan pengangguran AS yang akan dirilis pada pukul 19:30 WIB dengan klaim diperkirakan akan bertambah menjadi 255 ribu dari 254 ribu.

Harga minyak melemah pada hari Kamis namun masih di dekat level tertinggi bulan Juni yang dicapai di sesi sebelumnya ketika mereka ditopang oleh penurunan cadangan minyak mentah AS. Para trader mengatakan bahwa pelemahan di awal hari Kamis sebagian besar disebabkan oleh aksi ambil untung setelah kenaikan yang kuat di hari sebelumnya.

 

 

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s