Minyak Berpotensi Menguat Menjelang Konsumsi Musim Dingin

monexnews_oil_1

Monexnews – Harga minyak mentah menguat hari ini dipicu oleh tidak cukupnya stok minyak mentah untuk mengimbangi permintaan konsumsi minyak mentah menjelang musim dingin di belahan utara bumi. Penguatan ini juga didorong oleh anjloknya nilai dollar AS semalam hingga saat penulisan.

Saat ini minyak mentah diperdagangkan di kisaran $50.17 dengan level support di $50.03 dan resisten di $50.30. pagi hari tadi pukul 07.00 WIB, minyak sempat menyentuh level 50.27, tertinggi harian hingga saat penulisan.

Traders percaya bahwa penguatan harga minyak mentah ini merupakan pra reaksi dari stabilnya suplai minyak mentah. Banyak traders juga menggunakan cara lain untuk melihat perbandingan produksi dan konsumsi minyak mentah, yaitu dengan melihat perubahan stok bahan bakar.

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) akan bertemu pada tanggal 30 November 2016 untuk membahas pembagian kuota tingkat pembatasan produksi minyak mentah sebesar satu juta barel per hari. Tujuannya untuk menekan tingkat produksi minyak mentah OPEC dari 33,6 juta barel per hari pada bulan September 2016, menjadi kisaran 32,5 juta barel per hari. Produsen minyak lainnya juga berharap Rusia, salah satu produsen minyak mentah terbesar non-OPEC turut bergabung dalam kebijakan pembatasan tingkat produksi minyak mentah ini.

Hingga saat ini, para analis yang masih mempertanyakan cara menemukan kestabilan antara tingkat produksi dan konsumsi minyak mentah. Citibank juga menambahkan bahwa Irak juga berkeras bahwa ada kesalahan dalam laporan data OPEC mengenai tingkat produksi minyak mentah.

(Steven H)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s