Market Movers: Pernyataan Pimpinan Bank Sentral Warnai Pergerakan Pasar

 

monexnews_currencypairs_eurgbp

Monexnews – Pergerakan besar terjadi di pasangan USDCAD di awal perdagangan Selasa (25/10/2016), hal tersebut tidak lepas dari pernyataan Gubernur Bank of Canada, Stephen Poloz, dini hari tadi. Tidak hanya pimpinan BoC, dua pimpinan bank sentral utama dunia lainnya hari ini dijadwalkan akan berbicara, dan bisa menjadi penggerak signifikan di perdagangan forex, emas,minyak, hingga indeks saham.

Gubernur Bank of Canada (BoC)
Poloz menyebut pemulihan ekonomi yang tidak merata mempersulit keputusan untuk menurunkan suku bunga pada pekan lalu. Dan rencana terbaik saat ini adalah menunggu selama 18 bulan atau lebih. Pernyataan tersebut membuat USDCAD berbalik melemah, sebelum kembali menguat setelah Poloz mengkonfirmasi pernyataan tersebut merupakan referensi waktu untuk melihat apakah gap pemulihan ekonomi yang terjadi dibeberapa wilayah mampu menyempit dan tidak terkait dengan kebijakan moneter.

Gubernur Bank of England (BoE)
Mark Carney, Gubernur BoE, akan berbicara dihadapan House of Lords Economic Affairs Committee pada pukul 21.35 WIB, yang dapat mempengaruhi pergerakan GBPUSD. Carney sebelumnya menyebut akan mentoleransi inflasi yang tinggi dalam beberapa tahun kedepan, dan mempertahankan suku bunga rendah untuk menopang perekonomian Inggris. Pasangan GBPUSD yang bergerak sideways belakangan kemungkinan akan mengalami peningkatan volatilitas jika Carney menyingung mengenai kebijakan moneter.
Presiden European Central Bank (ECB)
Presiden ECB, Mario Draghi, pada konfrensi pers pasca rapat kebijakan moneter pekan lalu memberikan indikasi penyesuaian program stimulus moneter akan dilakukan pada rapat kebijakan bulan Desember. Akibatnya EURUSD yang berada di level terendah 7 bulan terlihat masih tertekan.

Selain pimpinan bank sentral, data sentimen bisnis Jerman yang diperkirakan stabil serta data tingkat keyakinan konsumen AS yang diperkirakan menurun menjadi 101,5 di bulan ini dari 104,1 di bulan September juga akan menjadi penggerak di perdagangan sesi Eropa dan AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di Calendar. Ringkasan serta data pergerakan pasar di perdagangan sebelumnya bisa dilihat di Daily Report.

(Putu Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s