Kebijakan OPEC Terancam, Harga Minyak Merosot.

monexnews_oil_1

Monexnews – Harga minyak mentah merosot pada hari Selasa hingga menyentuh level terendah sejak bulan Oktober kemarin. Hal ini dipicu oleh peningkatan stok minyak AS dan keraguan terhadap Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Minyak mentah saat penulisan diperdagangkan di kisaran 46.80, dengan level terendah hingga menyentuh 46.18. pergerakan harga minyak mentah ini memiliki level support di 45.00 dan resisten di 48.00.

Salah satu sumber melaporkan bahwa stok minyak mentah AS meningkat lebih dari satu juta barel minggu lalu. Walaupun sempat didorong oleh insiden ledakan kilang bahan bakar di Alabama, AS, namun keraguan pasar akan OPEC masih belum dapat hilang, sehingga harga minyak masih terus tertekan. Saat ini, terdapat beberapa anggota OPEC menolak untuk melakukan pembatasan tingkat produksi, seperti Iran yang menolak karena ingin mengembalikan level produksi pasca sanksi internasionalnya, dan Irak yang menolak kebijakan ini karena kebutuhan dana tambahan untuk perang melawan militan Islamic State. Dari luar OPEC, Rusia yang tadinya setuju, sekarang menyatakan akan mempertimbangkan ulang kebijakan ini.

Sampai saat ini, para investor masih akan menantikan data stok minyak mentah AS yang akan rilis pada hari Rabu malam oleh Energy Information Administration (EIA), dan juga sinyal – sinyal terkait perubahan kebijakan pembatasan produksi hingga pertemuan OPEC berikutnya pada akhir bulan ini di Wina.

(SH)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s