Harga Minyak Melemah Ditekan Keraguan Akan OPEC

monexnews_oil_1

Monexnews – Harga minyak mentah masih dalam arus pelemahan seiring dengan data peningkatan stok minyak mentah AS dan pesimisnya pasar terhadap kebijakan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Saat penulisan ini, harga minyak diperdagangkan di kisaran $44.65 per barel, dengan level support terdekat di $44.30, dan resisten terdekat di $45.50.

Reli pelemahan harga minyak mentah ini masih dipengaruhi dengan laporan data stok AS pada hari Rabu lalu yang menunjukkan peningkatan stok hingga mencapai 14 juta barel di minggu lalu. Namun, harga minyak sempat mendapatkan dorongan naik dari penyerangan terhadap jalur pipa milik Nigerian National Petroleum Corporation pada hari Rabu lalu. Dorongan lainnya juga datang dari pelemahan nilai dollar AS. Tanpa mengabaikan faktor – faktor pendorong harga minyak ini, pergerakan harga minyak saat ini mendapatkan pengaruh terbesar dari keputusan OPEC terkait kebijakan pembatasan tingkat produksi.

Proses kebijakan ini hingga saat ini masih belum menemukan titik terang seiring dengan masih adanya beberapa anggota OPEC yang menolak untuk menyepakati kebijakan ini, sementara jadwal pertemuan OPEC selanjutnya untuk membahas kuota pembatasan tingkat produksi pada tanggal 30 November 2016 di Winasemakin dekat.

(SH)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s