Kegelisahan Pasar Terhadap OPEC Melemahkan Harga Minyak

monexnews_oil_1

Monexnews – Harga minyak pagi hari ini masih berada dalam arus pelemahan seiring meningkatnya kegelisahan para investor dalam penantian terhadap hasil dari pertemuan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada hari ini di Wina. Pertemuan ini diharapkan dapat mewujudkan rencana OPEC sejak September lalu untuk membatasi tingkat produksi minyak mentah dan membawa harga minyak naik kembali ke level $50 per barelnya.

Pada saat penulisan, minyak mentah diperdagangkan di kisaran $45.50 per barel, dengan level support terdekat di kisaran level $44.35, dan resisten terdekat di $47.64.

Harga minyak masih bergerak sideways dibawah arus pelemahan ini, setelah pada sesi sebelumnya melemah sekitar 4% dipicu oleh ketidakpastian terkati kesepakatan OPEC yang datang dari Arab Saudi, Irak, dan Iran, selaku produsen – produsen minyak mentah utama OPEC. Iran dan Irak hingga saat ini masih tidak menyetujui tawaran dari OPEC mengenai tingkat pembatasan produksi mereka, sedangkan dari Arab Saudi, ada pernyataan skeptis terhadap rencana OPEC ini, Arab Saudi merasa rencana ini menjadi tidak terlalu penting untuk saat ini. Hari Selasa kemarin, tensi ini semakin meningkat dengan adanya pernyataan Iran terhadap OPEC mengenai syarat dari Iran terhadap Arab Saudi untuk membatasi tingkat produksi Arab Saudi sebesar satu juta barel per hari, sedangkan Iran menolak untuk memangkas tingkat produksi mereka.

(SH)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s