Market Mover: Ketegangan OPEC Mereda, Pasar Kembali Fokus ke The Fed

monexnews_flag_usa

Monexnews –  Tercapainya hasil kesepakatan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) untuk memangkas tingkat produksi menjadi 32,5 juta barel per hari berhasil menggerakkan pasar yang penuh penantian pada hari Rabu kemarin. Kesepakatan OPEC berakhir dengan pemangkasan pihak OPEC sebesar 600,000 barel per hari dan Rusia 300,000 barel per hari. Data AS yang rilis semalam mendorong penguatan dolar AS menjelang momen penguatan dolar AS selanjutnya, yaitu peningkatan suku bunga AS pad tanggal 15 Desember 2016 nanti oleh Federal Reserve AS. Beberapa data dari negara – negara uni Eropa yang rilis hari ini juga berpotensi untuk menggerakkan pasar.

Beberapa faktor yang berpotensi mempengaruhi pasar hari ini:

  • Data PMI Manufaktur Spanyol

Data markit mengenai tingkat relativitas kondisi perekonomian, meliputi tingkat tenaga kerja, tingkat produksi, harga, distribusi, dan inventaris di sektor industri manufaktur. Hasil data ini berpotensi menggerakkan nilai Euro karena data markit ini merupakan salah satu indikator utama untuk memproyeksikan kesehatan perekonomian suatu negara. Ekspektasi data PMI Manufaktur Spanyol untuk bulan ini sebesar 53.7, lebih tinggi 0.4 poin dari data PMI Manufaktur bulan Oktober sebesar 53.3 berpotensi menguatkan nilai Euro.

  • Data PMI Manufaktur Inggris

Data markit terkait tingkat tenaga kerja, produksi, harga, distribusi, dan inventaris di sektor industri Inggris berpotensi menggerakkan nilai mata uang poundsterling dan mata uang lain yang menjadi pasangannya. Investor juga memantau perkembangan data PMI meliputi PMI Inggris hingga awal pekan depan. Data markit melaporkan tingkat PMI sektor manufaktur Inggris sebesar 54.3 pada bulan Oktober, lebih rendah dari perkiraan ekonom sebesar 54.4 untuk bulan November. Ekspektasi ini berpotensi menggerus nilai GBP.

  • Data Klaim Pengangguran AS

Laporan mingguan data klaim pengangguran AS yang dirilis oleh departemen tenaga kerja AS minggu ini dinilai dapat meningkat pada minggu kemarin, dibandingkan data dua minggu lalu. Ekspektasi ekonom bahwa data klaim pengangguran minggu lalu meningkat menjadi 252.000 klaim setelah minggu sebelumnya juga meningkat menjadi 251.000 klaim. Hal ini berpotensi melemahkan Dolar AS.

  • Data PMI AS

Sementara ini, AS masih menunjukkan indikasi ekspansi di sektor industri pada bulan Oktober kemarin. Institute for Supply Management (ISM) akan merilis data PMI manufaktur AS yang diperkirakan sebesar 52.1 dari hasil data pada bulan Oktober sebesar 51.9. Berdasarkan hasil ekspektasi, dolar AS berpotensi melemah. Selain itu, pertimbangan para investor juga dipengaruhi oleh ekspektasi peningkatan suku bunga AS bulan ini, dan reaksi pasar untuk mengantisipasi dampak kebijakan Donald Trump.

Detail jadwal ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(SH)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s