Market Movers: Data Tenaga Kerja AS dan Kanada Diprediksi Positif, Fokus Pasar ke Peningkatan Suku Bunga AS

monexnews_currencypairs_usdcad

Monexnews – Pekan ini, perhatian pasar terarah kepada pertemuan OPEC terkait pemangkasan tingkat produksi minyak mentah yang kemudian memberikan dorongan naik terhadap harga minyak ke kisaran level kunci $50. Kesepakatan pemangkasan ini secara efektif akan diberlakukan mulai 1 Jauniar 2017. Sementara untuk mata uang dolar AS, arus penguatan masih terlihat, terutama dipicu oleh rilisnya data perekonomian AS yang dinilai positif. Poundsterling menguat ke level tertinggi empat pekan pasca pernyataan menteri brexit, David Davis terkait pertimbangan pemerintahan London untuk tetap bergabung dalam pasar Eropa setelah resmi keluar dari Uni Eropa.

Beberapa faktor yang berpotensi mempengaruhi pasar hari ini:

Data PMI sektor Konstruksi Inggris

Laporan bulanan data PMI terkait sektor industri Inggris, dengan ekspektasi 52.3 untuk bulan November; data PMI sektor industri Inggris sebesar 52.6 pada bulan September. Berpotensi menggerakkan nilai poundsterling.

Data Tenaga Kerja Kanada

Data tenaga kerja terdaftar di Kanada pada bulan Oktober meningkat sebesar 43.900 pekerja. Ekspektasi data tenaga kerja terdaftar untuk bulan November menyusut 16.500 orang. Sementara itu, data tingkat pengangguran Kanada diprediksi flat di 7% untuk bulan November, mengikuti 7% di bulan sebelumnya. Data tenaga kerja Kanada hari ini ditutup oleh tingkat produktifitas buruh Kanada yang diprediksi sebesar 1.1% pada kuartal ketiga. jauh lebih tinggi dibandingkan -0.3% pada kuartal kedua tahun ini. Ketiga data ini berpotensi menggerakkan nilai dolar Kanada.

Data Tenaga Kerja AS

Diawali oleh tingkat rata -rata upah AS diluar industri pertanian yang diprediksi meningkat 0,2% pada bulan November, lebih rendah dari peningkatan 0.4% di bulan Oktober. Data AS selanjutnya yaitu tingkat perubahan tenaga kerja AS diluar sektor pertanian bulan November diprediksi meningkat 177.000. Peningkatan bulan Oktober sebesar 161.000. Data AS terakhir hari ini terkait tingkat pengangguran AS bulan November diprediksi flat dibanding dengan bulan Oktober sebesar 4.9%. Data – data ini berpotensi membengaruhi nilai mata uang dolar AS terhadap mata uang pasangannya yang lain.

Pidato Gubernur Federal Reserve, Lael Brainard dan Daniel Tarullo

Pidato terkait rencana peningkatan suku bunga oleh Brainard dan pidato Tarullo terkait konferensi dengan tema kestabilan keuangan AS. Investor akan memantau hasil pidato ini terkait rencana peningkatan suku bunga AS di pertengahan bulan ini.

Detail jadwal ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(SH)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s