Emas Berlanjut Melemah Jelang Pertemuan The Fed

monexnews_gold1

Monexnews – Harga emas melemah ke level terendah 10 bulan pada hari Senin dengan semakin dekatnya pertemuan Federal Reserve AS dalam agenda untuk meningkatkan suku bunga AS.

Pada saat penulisan, emas diperdagangkan di kisaran $1161.85 per troi ons dengan level support sementara di 1151.48, dan level resisten di 1165.96.

Seperti yang telah dipublikasikan sebelumnya bahwa The Fed akan meningkatkan suku bunga AS sebanyak dua kali, dan salah satunya akan dilakukan pada pertengahan pekan ini, tanggal 14-15 Desember 2016, dan penignkatan lainnya direncanakan akan dilakukan pada tahun 2017. Namun, disamping optimisme pasar yang semakin kuat terkait adanya peningkatan suku bunga ini, beberapa pandangan skeptis pasar juga berpendapat bahwa kenaikan suku bunga AS kali ini mungkin tidak akan sebesar atau seefektif yang diharapkan, melihat sudah cukup tingginya nilai dolar AS semenjak terpilihnya DonaldTrump menjadi presiden AS ke 45. Penguatan dolar AS yang terus berlanjut, beserta potensi penguatan lanjutan pasca rilis suku bunga baru dapat semakin menekan harga emas hingga akhir tahun 2016 ini. Para investor juga mencoba memantau perkembangan kebijakan moneter Trump yang dinilai dapat memicu inflasi yang berdampak langsung terhadap mata uang dolar AS dan harga emas.

(SH)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s