Market Movers: Potensi Pergerakan Dollar & Emas Pasca Pengumuman Suku Bunga Fed

monexnews_gold1

Monexnews – Federal Reserve AS akan mengumumkan suku bunga hari Kamis pukul 2.00 WIB, dan memberikan banyak peluang trading di pasar. Berdasarakan perangkat FedWatch milik CME Group, dalam beberapa pekan terakhir, pasar melihat probabilitas kenaikan suku bunga diatas 90%. Melihat besarnya probabilitas tersebut, bisa dibilang hampir pasti The Fed akan menaikkan suku bunga, akan menjadi suatu kejutan jika bank sentral AS dibawah pimpinan Janet Yellen tersebut masih mempertahankan suku bunga.

Suku bunga diperkirakan naik sebesar 25 basis poin, dari saat ini 0,50% menjadi 0,75%, selain itu yang perlu diperhatikan adalah proyeksi suku bunga di 2017. Beberapa analis memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga sebanyak dua kali di tahun depan.

Kemungkinan Pergerakan Forex dan Emas

  • Jika suku bunga dinaikkan 25 basis poin, dan The Fed memberikan proyeksi kenaikan di tahun depan sebanyak dua kali sesuai ekspektasi, dollarkemungkinan akan menguat, dan emas berpeluang melemah. Namun yang patut diwaspadai adalah potensi aksi profit taking akibat penguatan dollar serta pelemahan emas belakangan ini telah price in terhadap kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin, dan dua kali kenaikan di 2017.
  • Jika suku bunga dinaikkan 25 basis poin, dan The Fed memberikan proyeksi kenaikan suku bunga lebih dari dua kali di 2017, dollar berpotensi menguat terhadap mayoritas mata uang utama, dan emas berpotensi turun ke area 1140.
  • Jika The Fed mengejutkan pasar dengan tidak menaikkan suku bunga, dollar berpotensi merosot tajam terhadap mata uang utama, sementara emas dapat menguat dengan target ke area 1182.

Selain pengumuman kebijakan moneter dari The Fed, beberapa data lain yang akan mempengaruhi pasar antara data tenaga kerja Inggris yang berpengaruh terhadap pergerakan GPBUSD. Dari AS juga akan dilaporkan beberapa data, termasuk stok minyak mentah yang akan menjadi perhatian setelah jumlah rig yang aktif melakukan pengeboran bertambah pada pekan lalu, bahkan menjadi yang terbanyak sejak bulan Januari.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di Calendar. Ringkasan serta data pergerakan pasar di perdagangan sebelumnya bisa dilihat di Daily Report.

(Putu Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s