Market Movers: Pasar Keuangan Berpotensi Fluktuatif Karena Ketegangan di Laut China Selatan

monexnews_flag_usa

Monexnews – Pergerakan dollar melemah tipis di awal perdagangan Asia pada hari Senin seiring investor yang mengambil keuntungan setelah kenaikan pada pekan lalu ke level terkuat dalam 14 tahun, meskipun dollar masih didukung oleh ekspektasi untuk kenaikan suku bunga AS yang lebih banyak di tahun depan. Untuk pergerakan mata uang euro sendiri, berpotensi fluktuatif di sesi perdagangan Eropa dengan perilisan data iklim pebisnis Jerman dari Ifo pada pukul 16:00 WIB yang diprediksi hasilnya 110.7 vs 110.4.

Pasar ekuitas Asia bergerak bervariasi pada hari Senn dengan indeks saham Tokyo yang sedikit menguat dibalik laporan data perdagangan Jepang yang lebih baik dari perkiraan untuk sektor ekspor dan impornya, namun untuk pergerakan indeks Jepang sendiri berpotensi terkoreksi terkait penguatan yen karena dollar yang melemah dari level terkuatnya dalam 14 tahun, investor saat ini menantikan pertemuan selama dua hari Bank of Japan.

Harga emas menguat tipis di awal sesi perdagangan Asia pada hari Senin karena meningkatnya aksi beli aset safe haven karena ketegangan antara China dan AS terkait masalah di Laut China Selatan. Namun untuk emas sendiri masih berpotensi tertekan lebih lanjut karena masih tingginya peluang kenaikan dollar karena outlook kenaikan suku bunga AS pada tahun depan.

Harga minyak menguat tipis di sesi perdagangan Asia pada hari Senin karena investor yang melihat solidnya sikap dari para produsen OPEC dan non OPEC dalam memangkas output pada tahun depan yang mencapai 1.8 juta barel per hari yang akan di mulai pada awal tahun depan. Sentimen kenaikan minyak saat ini ditopang oleh pernyataan dari Menteri Energi Rusia dan Kuwait untuk pengurangan output pada tahun depan.

 

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s