Market Movers: Penguatan Dolar Masih Mempengaruhi Pasar Keuangan Global

monexnews_currency2_usd

Monexnews – Dolar masih mempertahankan penguatannya terhadap para pesaingnya pada hari Rabu, bertahan di dekat level terkuat dalam 14-tahun terhadap euro, berkat keyakinan yang meningkat untuk pertumbuhan ekonomi ASyang lebih tinggi  dan kenaikan suku bunga yang lebih cepat di bawah presiden  terpilih Donald Trump.

Untuk pasar ekuitas Asia dibuka menguat pada hari Rabu, setelah indeks Dow Jones kemarin ditutup di rekor baru yang hampir mencapai level psikologi 20.000. Indeks Nikkei menguat di awal perdagangan karena di topang oleh pelemahan lebih lanjut di dalam yen yang disebabkan oleh penguatan dollar, karena berbedanya kebijakan bank sentral kedua negara.

Untuk harga emas masih terlihat melemah karena outlook dolar yang semakin solid dengan kenaikan suku bunga AS di bulan ini serta outlook di tahun 2017, dibalik sikap optimisme pasar terhadap kepemimpinan Presiden AS terpilih Donald Trump.

Harga minyak bergerak lebih tinggi pada hari Rabu dengan ekspektasi cadangan minyak AS akan turun, meskipun aktivitas berjalan lesu di tengah pasar yang bersiap untuk libur Natal di akhir pekan. Cadangan minyak mentah AS yang akan dirilis oleh Energy Information Administration pada pukul 22:30 WIB diperkirakan akan menunjukkan penurunan 2.4 juta barel di pekan lalu dari laporan sebelumnya yang juga turun 2.6 juta barel.

 

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s