Wall Street Perkasa Seiring Ekspektasi Pertumbuhan Ekonomi AS

fomcmeeting

Monexnews – Bursa saham Wall Street AS melanjutkan penguatan di hari Selasa, dengan reli indeks saham gabungan Dow Jones Industrial Average hanya terpaut 30 poin dari level psikologis 20,000 yang merupakan level yang belum tercapai sebelumnya. Secara keseluruhan indeks Dow masih dalam jalur penguatan 15% untuk tahun ini, sedangkan S&P500 telah melejit 11% dan Nasdaq Composite naik 10%.

Indeks saham blue chips bahkan menyentuh level tertinggi baru, melanjutkan reli untuk 6 pekan berturut-turut, ditopang ekspektasi bahwa Presiden terpilih Donald Trump akan mengeluarkan kebijakan baru yang dapat mendongkrak pertumbuhan dan inflasi serta melonggarkan tekanan regulasi di berbagai perusahaan AS. Saham sektor keuangan dan perusahaan industrial tampak yang paling diuntungkan, sehingga menolong penguatan indeks Dow Jones Industrial berulang kali mencapai rekor tinggi baru sejak 8 November.

Prospek pertumbuhan yang lebih tinggi juga turut menopang performa Dollar, dengan indeks Dollar AS ditutup di level tertinggi nya sejak Oktober 2002. Penguatan Dollar hari Selasa juga turut didukung oleh pelemahan Yen setelah BoJ tidak merubah kebijakan moneter nya sesuai perkiraan, meski di saat bersamaan terdapat kenaikan atas penilaian ekonomi. Gubernur BoJ, Haruhiko Kuroda menyatakan di hari Selasa, bahwa suku bunga jangka panjang masih berada di level yang sesuai, sehingga pelemahan Yen terhadap Dollar sejauh ini bukan merupakan masalah bagi bank sentral.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s