Market Movers: Data Klaim Pengangguran AS Akan Menjadi Fokus Hari Ini

monexnews_currency2_usd

Monexnews – Dollar melemah terhadap yen pada awal perdagangan hari Kamis karena yield obligasi AS yang turun semalam ke level terendah dalam dua pekan, namun greenback masih mempertahankan penguatannya terhadap euro dan pound. Dollar berpotensi melemah lebih lanjut pada hari ini dengan dibebani oleh data klaim pengangguran yang diperkirakan akan bertambah pada pekan lalu.

Pasar ekuitas Asia dibuka berada dibawah tekanan pada awal hari Kamis, dengan indeks saham Jepang yang melemah karena kejatuhan saham Toshiba serta indeks Kospi yang terbebani oleh Korea Selatan yang memangkas perkiraan pertumbuhan di tahun 2017. Pelemahan indeks Nikkei selain terbebani oleh kejatuhan saham Toshiba juga dipengaruhi oleh penguatan mata uang yen membuat saham-saham perusahaan eksportir melemah.

Harga emas sedikit menguat di awal perdagangan hari Kamis karena dollar yang melemah terkait kejatuhan yield Tressury AS semalam. Penguatan harga emas berpotensi berlanjut pada hari ini karena data klaim pengangguran AS yang dirilis nanti malam yang diperkirakan hasilnya kurang baik akan berikan angin segar untuk penguatan emas lebih lanjut.

Harga minyak mendapatkan sedikit tekanan pada awal perdagangan hari Kamis karena laporan dari American Petroleum Institiute (API) pada akhir perdagangan hari Rabu menunjukkan kenaikan cadangan minyak mentah di AS sebanyak 4.2 juta barel. Namun harga minyak berpeluang lanjutkan penguatan akhir-akhir ini karena nanti malam data dari pemerintah AS diperkirakan cadangan minyak mentah akan turun sebanyak 1.3 juta barel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s