Market Movers: Dolar Berpotensi Lanjutkan Pelemahannya di Hari Akhir 2016

monexnews_currency2_usd

Monexnews – Mata uang euro melonjak ke level tertinggi dalam tiga pekan di sesi perdagangan yang sepi pada hari Jumat, namun masih berada di jalur untuk pelemahan untuk tingkat tahunan dibalik ekspektasi bahwa kebijakan Donald Trump akan meningkatkan inflasi dan mendorong Federal Reserve untuk menaikan suku bunga. Penguatan mata uang euro berpotensi berlanjut menjelang libur akhir tahun karena data inflasi Spanyol diperkirakan akan lebih tinggi pada bulan Desember dari periode sebelumnya.

Untuk pasar ekuitas Asia dibuka bervariasi pada akhir perdagangan tahun 2016, di tengah pelemahan dolar dan turunnya yield obligasi AS serta Wall Street yang ditutup rendah tanpa adanya rally Santa Claus yang terlihat. Indeks Nikkei Jepang melamah karena yen yang menguat, penguatan yen akan melukai eksportir Jepang karena akan membuat harga barang-barang mereka menjadi lebih mahal untuk pembeli di luar negeri.

Harga emas sedikit menguat pada hari Jumat mengambil keuntungan dari pelemahan dolar AS serta penurunan yield obligasi AS. pergerakan untuk komoditas ini kemungkinan akan berlangsung dalam rentang sempit karena investor yang biasanya cenderung menahan diri untuk mengambil posisi besar.

Harga minyak menguat tipis di di awal perdagangan hari Jumat dengan pasar yang mengabaikan kenaikan cadangan minyak mentah AS untuk dua pekan beruntun. Namun penguatan harga minyak berpotensi terbatas mengingat pasar saat ini sedang menantikan realisasi pelaksanaan kebijakan para produsen minyak untuk melakukan pengurangan produksi pada awal Januari.

 

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s