Dollar Anjlok Akibat Kecemasan Kebijakan Trump

usd-monexnews

Monexnews –

Bursa saham Wall Street, Dollar dan pasar yield obligasi AS secara bersamaan melemah signifikan, turun ke level terendahnya dalam lebih dari 2-bulan terakhir setelah Presiden AS, Donald Trump menyatakan akan menggodok kebijakan perdagangan, pajak dan berbagai regulasi negara Amerika Serikat.

Alhasil Dollar AS turun -0.56% karena para investor tidak mendapatkan rencana spesifik Trump, alih-alih mendapatkan rencana spesifik seperti penurunan pajak yang dapat merangsang laju perekonomian, para pelaku pasar malah khawatir atas kebijakan proteksionis Trump yang dapat melukai laba korporat dan menghambat laju pertumbuhan. Secara keseluruhan indeks Dow Jones masih naik 8% sejak pemilu Presiden AS, namun penguatan berangsur memudar ditengah ketidakpastian kebijakan Trump.

Dalam pertemuan Trump dengan berbagai pemimpin bisnis AS, Trump menyatakan akan menrapkan pajak yang ketat bagi berbagai perusahaan yang memindahkan operasi nya ke luar negeri dan sebaliknya akan memangkas pajak secara massive yang menguntungkan masyarakat kelas menengah dan berbagai perusahaan yang tetap beroperasi di dalam Amerika Serikat. Dollar bulls juga cemas jika kebijakan Trump akan mendorong negara lainnya untuk menjaga mata uangnya tetap lemah terhadap Dollar, untuk mendapatkan keuntungan dari sisi perdagangan ekspor impor.

(Sap)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s