Market Movers: Data Ekonomi Diperkirakan Memburuk, Dolar AS Berpeluang Melemah

usd-monexnews

Monexnews – Pada awal perdagangan hari Kamis, dolar masih terlihat bergerak di dekat level terendah dalam tujuh pekan karena meningkatnya kecemasan investor terhadap kebijakan proteksionis Donald Trump. Salah satunya adalah memerintahkan para eksekutif untuk membangun tembok di perbatasan AS – Meksiko.

Hari ini dolar berpotensi lanjutkan pelemahannya dibayangi data klaim pengangguran serta penjualan rumah baru diperkirakan hasilnya lebih buruk dari periode sebelumnya. Untuk mata uang lainnya, kemungkinan yang akan bergerak volatile adalah poundsterling. Data PDB Inggris yang diperkirakan hasilnya lebih rendah dari sebelumnya dapat memicu koreksi pada mata uang pound. Untuk mata uang euro, investor tampaknya akan melihat hasil pertemuan Eurogroup terlebih dahulu sebelum mengambil posisi besar.

Untuk pasar ekuitas, pada awal perdagangan hari ini, indeks saham di kawasan Asia bergerak di zona hijau. Para investor tampaknya mengambil petunjuk dari pergerakan indeks Dow Jones Industrial Average semalam yang melampaui level 20.000 setelah adanya perintah dari Donald Trump kepada para eksekutifnya. Indeks Nikkei, berpotensi lanjutkan penguatannya karena mata uang yen yang kembali melemah, yang mana itu akan menopang saham perusahaan eksportir untuk lebih tinggi.

Harga emas masih bergerak stabil di awal perdagangan hari Kamis pasca-turun ke bawah level $1,200. Harga emas berpeluang untuk rebound karena dolar AS yang berpeluang melemah terkait data ekonomi AS yang diperkirakan hasilnya lebih buruk dari periode sebelumnya.

Harga minyak sedikit menguat di awal perdagangan hari Kamis, ditopang oleh pelemahan dolar AS yang berpotensi meningkatnya permintaan karena harga minyak menjadi lebih murah untuk para pemegang mata uang lainnya. Hanya, investor tampaknya juga masih mempertimbangkan laporan dari EIA semalam yang menunjukkan kenaikan 2.8 juta barel di dalam cadangan minyak mentah AS.

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s