Market Movers: Penguatan Dolar Berpotensi Tertahan Data GDP AS

usd-monexnews

Monexnews -Dolar melanjutkan penguatannya di awal perdagangan hari Jumat, bergerak naik dari level terendah dalam tujuh pekan karena optimisnya para pelaku pasar terhadap outlook ekonomi  dan laporan earnings AS, meskipun di sisi lain mereka juga masih mengkhawatirkan kebijakan proteksionisme Donald Trump yang meningkatkan ketidakpastian untuk perdagangan global. Untuk hari ini investor menantikan data GDP AS Q4 untuk mendapatkan petunjuk yang lebih jelas pada ekonomi AS. Pasar memperkirakan hasilnya akan turun menjadi 2.5% dari laporan sebelumnya yang tumbuh 3.5%.

Di pasar ekuitas, semalam, indeks saham AS bergerak lebih tinggi dan pergerakannya tersebut direspon positif oleh pasar Jepang dan Australia yang bergerak di zona hijau di awal perdagangan hari Jumat. Penguatan indeks Nikkei juga ditopang oleh data inflasi Jepang yang menunjukkan perbaikan. Harga konsumen inti Jepang untuk periode Desember turun 0.2% pada tingkat tahunan, laju paling lambat sejak Februari 2016.

Harga emas masih mendapatkan tekanan di awal perdagangan sesi Asia hari Jumat karena dolar yang melanjutkan penguatannya. Namun harga emas berpeluang untuk rebound di sesi perdagangan AS pada perilisan data GDP AS yang diperkirakan hasilnya lebih pesimis dari laporan sebelumnya,. Data tersebut berpeluang membuat dolar melemah di tengah kontroversinya kebijakan dagang Presiden AS Donald Trump.

Harga minyak menguat di awal perdagangan sesi Asia seiring investor yang terlihat mulai percaya diri bahwa kebijakan pengurangan output oleh negara-negara OPEC dan non OPEC akan membuahkan hasil. Namun di sisi lain, mereka juga mencemaskan tingginya cadangan minyak mentah AS serta laporan dari Baker Hughes yang beberapa pekan terakhir menunjukkan kenaikan produksi.

 

 

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s