Market Movers: USDJPY Berpotensi Volatil Menjelang Keputusan BoJ

usdjpy-monexnews

Monexnews -Dolar melemah di awal perdagangan Asia, Selasa (31/1), melanjutkan penurunan semalam terhadap yen, yang mendapat keuntungan dari status safe haven karena kebijakan Presiden AS Donald Trump terhadap masalah imigrasi dan perdagangan dianggap menimbulkan ketidakpastian kebijakan stimulus dan pemotongan pajak. Mata uang yen berpotensi volatil mengantisipasi jika keputusan kebijakan Banl of Japan (BoJ) pada siang nanti hasilnya mengejutkan pasar. Mata uang lainnya yang berpeluang volatil adalah euro dengan sentimen utama pidato Presiden ECB Mario Draghi pada pukul 15:00 WIB.

Pasar ekuitas Asia dibuka lebih rendah pada hari Selasa, dengan indeks saham Nikkei terkena aksi jual sehingga turun lebih dari 1% diterpa penguatan yen dan menjelang keputusan kebijakan moneter dari BoJ. Sementara itu untuk indeks saham lainnya juga berpotensi tertekan setelah Wall Street semalam ditutup lebih rendah.

Harga emas berpotensi menguat pada hari ini jika pelemahan dolar masih berlanjut karena sentimen investor terhadap sikap kebijakan Presiden AS Donald Trump terhadap masalah imigrasi dan perdagangan. Data ekonomi yang dapat menopang kenaikan harga emas adalah data kepercayaan konsumen AS yang dirilis oleh CB pada pukul 22:00 WIB yang hasilnya diperkirakan lebih rendah dari periode sebelumnya.

Harga minyak berpotensi lanjutkan pelemahannya pada hari Senin karena investor yang masih mempertimbangkan kenaikan cadangan minyak mentah AS serta kenaikan produksi minyak shale AS. Untuk hari ini data yang berpeluang menggerakan harga minyak adalah keputusan BoJ.

.

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s