Market Movers: Minutes FOMC Belum Sesuai Harapan, Dollar Tertekan

usd-monexnews

Monexnews – Indeks dollar terhadap mata uang utama berbalik melemah pada perdagangan Rabu pasca rilis notulensi atau minutes FOMC dini hari tadi, momentum penguatan mata uang AS tersebut menjadi memudar.

Outlook
Meski belum menutup kemungkinan kenaikan suku bunga di bulan Maret, namun minutes FOMC menunjukkan kehati-hatian anggota dewan The Fed dalam menaikkan suku bunga, melihat masih belum jelasnya kebijakan ekonomi Presiden AS Donald Trump.

Berdasarkan perangkat FedWatch CME Group, pasar melihat probabilitas kenaikan suku bunga pasca rilis minutes tersebut sebesar 22,1% di bulan Maret, dibandingkan dengan probabilitas sebelumnya sebesar 17,7%. Persentase tersebut menjadi indikasi pasar masih pesimis suku bunga akan naik bulan depan.

Potensi Pergerakan

USDJPY
Pasangan mata uang ini kemungkinan kembali melanjutkan penurunan akibat dollar terlihat sedikit tertekan pasca rilis minutes FOMC.

AUDUSD
Data ekonomi Australia yang lebih buruk dari perkiraan pagi ini membuat AUDUSD melemah. Melihat AUDUSD yang masih berada di dekat level tertinggi 3 bulan, pasangan mata uang ini berpotensi melanjutkan penurunan.

EURUSD
Perkembangan isu politik di Prancis, dan rilis minutes FOMC yang belum sesuai harapan pasar membuat EURUSD berbalik menguat pada hari Rabu kemarin. Namun dimanisnya politik Prancis membuat penguatan EURUSD terbatas dan terlihat masih berpotensi berbalik turun.

GBPUSD
Data ekonomi Inggris yang variatif memberikan tekanan bagi GBPUSD, namun penurunan masih terbatas akibat rilis minutes FOMC yang kurang sesuai harapan pasar. Parlemen Tinggi Inggris yang akan melakukan voting RUU Brexit pada pekan depan masih berpotensi menekan GBPUSD.

Emas
Tekanan terhadap emas menurun setelah pasca rilis minutes FOMC. Logam mulai ini terlihat bergerak sideways dikisaran 1220 – 1240 dalam beberapa hari terkahir, dan kemungkinan masih bergerak di area tersebut pada hari ini.

Minyak
Laporan API yang menunjukkan penurunan stok di AS menjadi sentimen positif yang memberikan peluang kenaikan harga minyak hari ini. Fokus utama tertuju pada data stok minyak mentah oleh EIA pada pukul 22.30 WIB.

(Putu Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s