Market Movers: Outlook Brexit Kembali Membayangi Pasar Keuangan Di Awal Pekan

Monexnews – Mata uang pound melemah di sesi perdagangan Asia pada hari Senin seiring ketegangan terhadap Brexit serta dibayangi oleh kemungkinan referendum kemerdekaan Skotlandia sementara itu mata uang Aussie bergerak lebih tinggi pada data earnings perusahaan untuk kuartal keempat. Bagi dolar AS berpotensi lanjutkan penguatannya pada hari ini dengan data pemesanan barang tahan lama inti hasilnya sama atau lebih baik dari periode sebelumnya, yang dapat memperkuat outlook kenaikan suku bunga di bulan depan.

Pasar ekuitas Asia dibuka lebih rendah pada hari Senin, di tengah perilisan earnings perusahaan. Pelemahan pada indeks ekuitas Asia juga dibayangi oleh kecemasan investor terhadap potensi Brexit setelah surat kabar Times memberitakan bahwa Perdana Menteri Theresa May bersiap untuk panggilan kedua referendum kemerdekaan pemerintah Skotlandia yang bertepatan digerakannya Pasal 50 di bulan Maret.

Harga emas mempertahankan penguatannya pada hari Senin untuk bergerak di dekat level tertinggi 3 – 1/2 bulan yang dicapai pada sesi sebelumnya di tengah investor yang menunggu kejelasan yang lebih banyak dari kebijakan ekonomi Presiden Donald Trump. Harga emas berpotensi melemah dengan kembali menguatnya dolar pada data ekonomi AS yang diprediksi akan mendukung outlook kenaikan suku bunga di bulan depan.

Harga minyak melemah tipis di sesi Asia hari Senin, masih tertekan oleh laporan dari Baker Huges yang menunjukkan kenaikan aktivitaa rig di AS. Untuk harga minyak kemungkinan masih akan berkonsolidasi seiring kelebihan produksi di AS diimbangi oleh penurunan produksi oleh OPEC dan rekan-rekannya.

 

(fsyl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s