Market Movers: Data Inflasi China, ECB Meeting, dan Klaim Pengangguran AS Dominasi Sentimen Hari Ini

usd-monexnews

Monexnews – Rilis data inflasi China akan mewarnai perdagangan pada sesi Asia hari ini. Laju inflasi konsumen China diprediksi melambat menjadi 1.9% di bulan Februari dari 2.5% pada bulan Januari, sementara laju inflasi produsen diprediksi bertambah menajdi 7.6% dari 6.9%. Angka inflasi yang positif berpotensi memicu penguatan mata uang komoditas, membantu aussie dan loonie pulih dari penguatan dollar akibat meningginya peluang kenaikan suku bunga Federal Reserve pada pertemuan bulan ini.

Sentimen dari zona euro akan mewarnai sesi perdagangan Eropa siang nanti, seiring dimulainya hari pertama pertemuan menteri keuangan zona euro. Pengumuman suku bunga European Central Bank akan dirilis pada pukul 19:45 WIB nanti malam, diikuti oleh konferensi pers ECB, 45 menit setelahnya. Para pelaku pasar memperkirakan ECB akan mempertahankan kebijakannya dan mengambil sikap waspada menjelang pilpres di Perancis dan Belanda.

Data klaim pengangguran AS pukul 20:30 WIB nanti malam diprediksi akan menunjukkan kenaikan jumlah klaim awal pengangguran sebanyak 16,000 menjadi 239,000 dari 223,000 pada pekan sebelumnya. Rilis di bawah ekspektasi atau pun di bawah 300,000 berpotensi menuai respon positif dari dollar AS, mengingat angka klaim masih berada dalam trend pertumbuhan.

Detail jadwal data ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Agus Chandra)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s