Market Movers: Dollar Mulai Mengumpulkan Momentum Penguatan

usd-monexnews

Monexnews – Jelang dimulainya rapat kebijakan moneter Federal Reserve, dollar mulai mengumpulkan momentum penguatan, mengikuti kenaikan yield Treasury AS.

Outlook
Tingginya probabilitas kenaikan suku bunga akan terus menjaga kinerja dollar hari ini, setidaknya sampai data indeks harga konsumen AS (PPI) dirilis. Berdasarkan perangkat FedWatch milik CME Group. pasar saat ini melihat probabilitas kenaikan suku bunga sebesar 95,2%.

Potensi Pergerakan

USDJPY
Pasangan mata uang ini berakhir di zona hijau pada Senin kemarin, dan masih berpeluang melanjutkan penguatan hari ini, terlebih jika data PPI AS dirilis lebih baik dari perkiraan.

AUDUSD
AUDUSD melemah di awal perdagangan setelah NAB melaporkan penurunan tingkat kepercayaan konsumen Australia. Data ekonomi dari China yang dirilis beberapa saat yang lalu mampu membuat AUDUSD memangkas penurunan. Fokus selanjutnya tertuju pada data AS, dan AUDUSD berpotensi melemah kembali.

EURUSD
Presiden ECB, Mario Draghi, yang berpidato pada Senin kemarin tidak menyinggung mengenai isu kenaikan suku bunga ECB, membuat EURUSD melemah, dan masih mungkin akan berlanjut pada hari ini.

GBPUSD
GBPUSD berhasil membukukan penguatan pada Senin kemarin, namun kenaikan pasangan mata uang ini masih terlihan rentan, terbukti dengan langsung melemah di awal sesi hari ini. Isu politik, khususnya Brexit masih membayangi GBPUSD, dan berpotensi kembali melemah.

Emas
Harga emas bergerak naik di awal sesi Asia, namun melihat tingginya probabilitas kenaikan suku bunga, logam mulia ini kemungkinan akan berbalik turun jika data ekonomi AS dirilis lebih baik dari perkiraan.

Minyak
Harga minyak mentah tertahan dekat level terendah sejak 1 Desember, data stok minyak dari API hari ini akan menjadi fokus utama. Sentimen pelaku pasar masih terbebani kenaikan stok di AS, jika API kembali melaporkan penambahan stok yang besar, minyak kemungkinan kembali melemah.

(Putu Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s