Market Movers: Berada di Level Terendah 6 Pekan, Dollar Berpotensi Menguat

usd-monexnews

Monexnews –

Outlook
Indeks dollar AS terus menurun hingga menyentuh level terendah enam pekan akibat proyeksi laju kenaikan suku bunga AS yang lebih rendah dari ekspektasi pasar. Angka indeks dollar berada di bawah 100, dan melihat ke belakang, sejak November 2016, indeks dollar selalu berbalik naik setelah menembus ke bawah 100.

Bagaimanapun juga, Federal Reserve AS menjadi satu-satunya bank sentral utama global yang menaikkan suku bunga di tahun ini, yang menyebabkan melebarnya perbedaan kebijakan moneter antara The Fed dan bank utama lainnya yang masih menerapkan suku bunga rendah.
Pimpinan The Fed, Janet Yellen, yang akan berpidato hari ini berpotensi menggerakkan pasar.

Potensi Pergerakan

USDJPY
Pasangan mata uang ini naik di awal perdagangan sesi Asia, dan kemungkinan melanjutkan kenaikan akibat potensi adanya aksi short covering setelah turun dalam tujuh hari beruntun dan menyentuh level terendah empat bulan.

AUDUSD
Penurunan harga bijih besi masih membebani AUDUSD yang kembali melemah di awal perdagangan. Tekanan dari notula RBA juga dapat melemahkan AUDUSD lebih lanjut.

EURUSD
EURUSD rentan terkena aksi profit taking, melihat posisi pasangan mata uang ini dekat level tertinggi tujuh pekan, dan minimnya data ekonomi penting dari zona euro hari ini.

GBPUSD
GBPUSD memiliki potensi menguat jika data penjualan ritel Inggris dirilis lebih baik dari perkiraan. Namun tetap waspadai aksi profit taking melihat kenaikan tajam GBPUSD sejak pekan lalu.

Emas
Logam mulia ini naik enam hari beruntun hingga Rabu kemarin, yang berpotensi memicu aksi profit taking mengantisipasi pidato Yellen hari ini.

Minyak Mentah
Level $48 per barel terlihat masih kuat menahan penurunan minyak mentah, terbukti setelah turun ke level $47 harga minyak mentah berbalik menguat meski stok minyak mentah di AS menunjukkan penambahan dalam jumlah besar. Jika bertahan di atas $48, minyak memiliki peluang menguat.

(Putu Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s