Market Movers: 5 Data Penting Yang Berpotensi Menggerakan Pasar

Market Movers: 5 Data Penting Yang Berpotensi Menggerakan Pasar

Monexnews – Di tengah minimnya rilis data penting pada sesi Asia, rilis data PMI sektor jasa Inggris akan mengawali fokus pasar hari ini. Sektor jasa Inggris diprediksi berakselarasi menjadi 53.5 di bulan Maret dari 53.3 di bulan Februari. Rilis angka di atas estimasi berpotensi memicu penguatan pound sterling mengingat besarnya sektor jasa dalam perekonomian Inggris.

Jelang dibukanya sesi perdagangan AS, fokus investor akan beralih pada laporan tenaga kerja sektor swasta AS oleh ADP, yang mana diprediksi untuk menunjukkan kenaikan sebanyak 184,000 di bulan Maret, menyusul kenaikan sebanyak 298,000 di bulan Februari lalu. Rilis data ADP yang di atas estimasi akan menguatkan ekspektasi kuatnya sektor data tenaga kerja jelang rilis data tenaga kerja resmi pemerintah hari Jumat nanti, yang mana akan menguatkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama lainnya.

Rilis data selanjutnya dari AS hari ini adalah PMI sektor jasa oleh ISM. Aktivitas sektor jasa AS diperkirakan melambat menjadi 57.0 di bulan Maret, dari 57.6 di bulan Februari. Angka PMI sektor jasa yang berada di atas estimasi berpotensi memicu penguatan dollar AS.

Pukul 21:30 WIB, Energy Information Administration akan merilis data suplai minyak mentah mingguan AS, yang diperkirakan mencetak penurunan sebanyak 100,000 barel pekan lalu, menyusul kenaikan sebanyak 900,000 barel pada pekan sebelumnya. Penurunan pada jumlah suplai minyak mingguan AS akan mengkonfirmasi laporan American Petroleum Institute yang menunjukkan penurunan sebanyak 1.8 juta barel dan mendorong harga minyak naik.

Event pamungkas hari ini adalah rilis notulen pertemuan FOMC pada pukul 01:00 WIB hari Kamis dini hari. Pasar akan menantikan sinyal terkait rencana kenaikan suku bunga yang mungkin lebih dari 2 kali lagi di tahun ini. Federal Reserve sendiri akan menggelar 6 kali pertemuan lagi di tahun 2017, dengan pertemuan di bulan Juni, September, dan Desember akan merilis proyeksi ekonomi dan disusul dengan konferensi pers oleh Janet Yellen.

Detail jadwal data ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Agus Chandra)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s