Market Movers: ECB & Klaim Pengangguran AS Menjadi 2 Fokus Utama Pasar Hari ini

Market Movers: ECB & Klaim Pengangguran AS Menjadi 2 Fokus Utama Pasar Hari ini

Monexnews – Minim data yang dirilis pada sesi Asia hari Kamis, data pesanan pabrik Jerman akan mengawali deretan market movers. Pesanan pabrik di Jerman diprediksi naik 3.5% di bulan Februari menyusul penurunan sebesar 7.4% di bulan Januari. Rilis data sesuai prediksi akan menjadi katalis positif bagi EURUSD.

Pukul 18:30 WIB, European Central Bank akan merilis minutes pertemuan bulan April, dan pelaku pasar menantikan sinyal pengetatan kebijakan dalam waktu dekat. Menurut laporan, pertemuan ECB bulan maret telah disalahartikan oleh pasar, dengan sejumlah petinggi ECB telah memberikan pesan dovish pasca pertemuan.

Menyusl laporan tenaga kerja sektor swasta AS yang positif kemarin, hari ini AS akan merilis data tingkat klaim pengangguran, yang mana diprediksi untuk menunjukkan penurunan sebanyak 7,000 menjadi 251,000 dari 258,000 pada pekan sebelumnya. Penurunan jumlah tingkat pengangguran akan menjadi sinyal positif bagi sektor tenaga kerja AS dan menguatkan ekspektasi kenaikansuku bunga the Fed dalam waktu dekat, yang mana akan menjadi katalis positif bagi USD.

Pidato dari Presiden ECB Mario Draghi akan menutup event penting hari ini, dan pasar akan memperhatikan pernyataan dari dirinya selaku pimpinan bank sentral untuk sinyal berakhirnya periode suku bunga rendah atau bahkan pengetatan kebijakan di zona euro.

Detail jadwal data ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Agus Chandra)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s