Market Movers: Serangan Misil AS ke Suriah Mengawali Market Movers Hari Ini

Market Movers: Serangan Misil AS ke Suriah Mengawali Market Movers Hari Ini

Monexnews –  Aksi serangan misil dari AS menuju Suriahmengejutkan pasar pada sesi Asia pagi ini, memicu penguatan aset-aset safe haven, seperti emas dan yen Jepang serta harga minyak mentah.

Sementara itu data market mover baru akan dirilis pukul 15:30 WIB nanti sore, diawali oleh data output sektor manufaktur Inggris. Output diperkirakan naik 0.3% di bulan Februari menyusul penurunan sebesar 0.9% di bulan Januari. Kenaikan pada output berpotensi memicu penguatan sterling dan mendorong pasangan GBPUSD naik.

Setengah jam pasca rilis data Inggris, fokus pasar akan beralih pada pidato oleh Gubernur Bank of England Mark Carney. Pelaku pasar akan menantikan petunjuk kenaikan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir selama 10 tahun untuk mengurangi jumlah stimulus yang diluncurkan pasca referendum.
Fokus utama hari ini akan tertuju pada rilis data pukul 19:30 WIB, di mana Kanada akan merilis data tenaga kerjadan tingkat pengangguran dan AS akan merilis data upahrata-rata per jam, non-farm payroll, serta tingkat pengangguran.

Jumlah orang yang bekerja di Kanada diperkirakan bertambah 5,700 orang bulan Maret, dibandingkan dengan penambahan sebanyak 15,300 orang di bulan Februari, sementara tingkat pengangguran diperkirakan naik menjadi 6.7% di bulan Februari dari 6.6% di bulan Januari. Kenaikan tingkat pengangguran dan melambatnya laju pertumbuhan tenaga kerja di Kanada berpotensi mendorong naik pasangan USDCAD.

Di sisi lain, rilis data upah rata-rata per jam AS diperkirakan tetap menunjukkan kenaikan sebesar 0.2% di bulan Maret, sementara sektor pekerjaan non pertanian diperkirakan menambahkan 174,000 pekerjaan di bulan Februari, menyusul kenaikan sebanyak 235,000 pada bulan sebelumnya. Tingkat pengangguran diperkiran tetap pada 4.7% di bulan Februari. Rilis data upah yang sesuai ekspektasi akan memberikan sentimen positif bagi dollar, sementara itu angka NFP harus menunjukkan kenaikan di atas 200,000 dan tingkat pengangguran tetap.

Detail jadwal data ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Agus Chandra)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s