Bursa Wall Street Melonjak Lebih 1 Persen Merespon Hasil Pilpres Perancis

nsye-wall-street-vibizmedia-696x522

Bursa saham A.S. melonjak lebih 1 persen pada akhir perdagangan Selasa dinihari (25/04) pasca hasil pemilihan presiden Perancis putaran pertama yang memberikan sentimen positif.

Indeks Dow Jones melonjak lebih dari 200 poin, dengan saham Goldman Sachs dan JPMorgan Chase memberikan kontribusi paling besar dalam keuntungan.

Indeks S & P 500 naik sekitar 1 persen, dengan saham finansial melonjak lebih dari 2 persen untuk memimpin kenaikan. SPDR S&P Bank ETF (KBE) dan Regional Banking ETF (KRE) meningkat lebih dari 2 persen.

Indeks Nasdaq mencatat rekor tertinggi secara intraday dan penutupan, meningkat lebih dari 1 persen.

Hasil awal dari pemilihan presiden Prancis menunjukkan Emmanuel Macron dan Marine Le Pen maju ke putaran final. Kandidat sayap kanan Le Pen dan sayap tengah Macron sebagian besar diharapkan untuk maju di babak pertama kontes Prancis. Keduanya memimpin sebagian besar pemilihan menjelang pemilihan.

Le Pen dan Macron akan menghadapi putaran final pada 7 Mei. Sebagian besar jajak pendapat menunjukkan Macron akan dengan mudah mengalahkan Le Pen di babak kedua.

Pasar saham Eropa melonjak di seluruh papan, dengan indeks Stoxx 600 pan-Eropa naik sekitar 2 persen. CAC Prancis 40 naik 4,14 persen dan mencapai level tertinggi sembilan tahun.

Euro juga menguat tajam terhadap sebagian besar mata uang utama. Mata uang bersama sempat menembus di atas $ 1,09 melawan dolar A.S. dan terakhir diperdagangkan sekitar 1,3 persen lebih tinggi di $ 1,087.

Pada hari Senin, Dow Jones melaporkan bahwa Trump memerintahkan pembantunya untuk menyusun rencana pajak untuk memotong tarif pajak perusahaan menjadi 15 persen. Harapan reformasi perpajakan telah menjadi salah satu pilar penguatan pasar saham.

Wall Street juga menguatkan diri untuk minggu sibuk pendapatan. Sekitar 200 emiten S & P ditetapkan untuk dilaporkan minggu ini, termasuk Alphabet Google, Microsoft dan 3M.

Dari 95 perusahaan S & P 500 yang telah melaporkan Senin pagi, 77 persen melampaui ekspektasi pendapatan, menurut data dari The Earnings Scout.

Indeks Dow Jones naik 216,13 poin atau 1,05 persen menjadi ditutup pada level 20.763,89, dengan kenaikan tertinggi saham JPMorgan Chase dan saham Nike merupakan yang turun tertinggi.

Indeks S & P 500 naik 25,46 poin atau 1,08 persen menjadi berakhir pada 2.374,15, dengan keuangan memimpin sembilan sektor lebih tinggi dan sektor real estat dan telekomunikasi yang tertinggal.

Indeks Nasdaq menguat 73,30 poin atau 1,24 persen, ditutup pada 5.983,82.

Malam nanti akan dirilis data New Home Sales Maret dan CB Consumer Confidence April yang diindikasikan melemah. Jika terealisir akan menekan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak lemah jika data New Home Sales dan Consumer Confidence merosot. Juga akan mencermati pergerakan minyak mentah, laporan laba emiten, dan perkembangan geopolitik.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s