Bursa Wall Street Naik Tinggi; Nasdaq Cetak Rekor, Tembus Level 6000

Bursa saham A.S. meningkat tajam pada akhir perdagangan Rabu dinihari (26/04) terdorong laporan kuartalan yang mantap dari beberapa perusahaan kapital besar.

Indeks Nasdaq melonjak sekitar 0,7 persen, mengirim indeks di atas 6.000 untuk pertama kalinya.

Analis mencatat bahwa sekitar 40 persen indeks didorong oleh lima perusahaan: Amazon, Facebook, Netflix, Alphabet dan Apple.

Indeks Dow Jones naik sekitar 230 poin, dengan saham Caterpillar dan McDonald’s menyumbang keuntungan paling banyak dan sempat menembus di atas 21.000.

Indeks S & P 500 naik 0,6 persen, dengan bahan naik lebih dari 1 persen untuk memimpin kenaikan.

Berikut adalah beberapa perusahaan yang mencatat hasil kuartalan sebelum penutupan:

Caterpillar: membukukan EPS sebesar $ 1,28 dan penjualan $ 9,822 miliar, versus EPS yang diharapkan sebesar 62 sen dan perkiraan pendapatan $ 9,271 miliar.

McDonald’s: membukukan EPS sebesar $ 1,47 dan pendapatan $ 5,68 miliar, versus EPS yang diharapkan sebesar $ 1,33 dan penjualan $ 5,53 miliar.

3M: membukukan EPS sebesar $ 2,16 dan pendapatan $ 7,685 miliar, versus EPS yang diperkirakan sebesar $ 2,06 dan penjualan $ 7.472 miliar.

DuPont: membukukan EPS sebesar $ 1,64 dan penjualan $ 7,743 miliar, versus EPS yang diharapkan sebesar $ 1,39 dan pendapatan $ 7,504 miliar.

Lebih dari 190 emiten S & P diperkirakan telah dilaporkan akhir minggu ini. Nama besar lainnya dijadwalkan untuk merilis hasil kuartalan minggu ini termasuk Boeing, Amazon, Alphabet, Microsoft dan General Motors.

Dow melonjak lebih dari 200 poin, sementara S & P dan Nasdaq naik sekitar 1 persen.

Meski begitu, investor juga memusatkan perhatian pada Washington, karena Presiden Donald Trump berusaha menghindari penutupan dana pemerintah. Pendanaan pemerintah akan berakhir pada hari Jumat kecuali Kongres dapat menyetujui setidaknya resolusi pendanaan sementara.

Pemerintah Trump juga diperkirakan akan merilis sebuah garis besar untuk reformasi pajak potensial akhir pekan ini. Ekspektasi reformasi pajak telah menjadi salah satu pendorong pasar utama sejak pemilihan presiden.

Dalam berita ekonomi, harga rumah A.S. naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Februari, menurut data baru dari Indeks Harga Rumah Nasional S & P / Case-Shiller A.S..

Indeks harga rumah nasional melonjak 5,8 persen pada Februari, sementara analis memperkirakan harga rumah akan naik sebesar 5,7 persen.

Penjualan rumah baru naik 5,8 persen menjadi 621.000 di bulan Maret, di atas ekspektasi.

Keyakinan konsumen diadakan pada 120,3 untuk bulan April.

Indeks Dow Jones naik 232,23 poin atau 1,12 persen menjadi ditutup pada 20.996,12, dengan kenaikan tertinggi saham Caterpillar dan saham Verizon yang tertekan.

Indeks S & P 500 naik 14,46 poin atau 0,61 persen menjadi ditutup pada 2.388,61, dengan bahan memimpin sembilan sektor lebih tinggi dan sektor telekomunikasi dan utilitas yang tertinggal.

Indeks Nasdaq menguat 41,67 poin atau 0,7 persen, berakhir pada 6.025,49.

Malam nanti akan dirilis persediaan minyak mentah mingguan oleh EIA, yang diindikasikan terjadi penurunan pasokan melebihi penurunan sebelumnya. Jika terealisir akan menguatkan harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak naik jika harga minyak mentah terealisir naik. Juga akan mencermati laporan laba emiten dan perkembangan geopolitik.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s