Market Movers: Dipecatnya Direktur FBI Warnai Pergerakan Pasar di Awal Sesi

Market Movers: Dipecatnya Direktur FBI Warnai Pergerakan Pasar di Awal Sesi

Monexnews – Presiden AS Donald Trump memecat Direktur FBI James Comey, langkah mengejutkan tersebut membuat pasar sedikit begejolak dan dollar agak tertekan. Padahal pada perdagangan Selasa mata uang AS tersebut menunjukkan kinerja apik. Pemecatan tersebut dilakukan disaat FBI tengah melakukan investigasi dugaan intervensi Rusia dalam Pilpres AS yang dimenangi Donald Trump.

Potensi Pergerakan

USDJPY
Pasangan mata uang ini berada dekat level terendah dua bulan dan sempat ke atas level 114.00 sebelum turun lebih dari 40 pip setelah pemecatan Comey dan aksi profit taking. Namun USDJPY juga berpotensi naik kembali jika yield Treasury melanjutkan kenaikan dan risk appetite pelaku pasar masih tinggi.

AUDUSD
Buruknya data Australia serta penurunan harga bijih besi membuat AUDUSD turun ke level terendah 4 bulan Selasa kemarin. Pasangan mata uang ini masih berpeluang bergerak turun jika harga bijih besi kembali melemah.

EURUSD
Aksi profit taking pasca kemenangan Emmanuel Macron terus berlanjut, membuat EURUSD turun tajam dalam dua hari terakhir. Sementara tekanan yang dialami dollar pagi ini membuat EURUSD bergerak naik, pidato Presiden ECB hari ini dapat menjadi penggerak selanjutnya.

GBPUSD
GBPUSD masih kokoh di dekat level tertinggi tujuh bulan, namun terlihat belum memiliki momentum untuk melanjutkan kenaikan. Disisi lain, dollar sedang mengalami tekanan, sehingga pasangan mata uang ini cenderung bergerak sideways.
Emas
Logam mulia ini berada dekat level terendah dua bulan, pemecatan Direktur FBI yang terbilang mengejutkan membuka peluang kenaikan emas. Namun jika risk appetite pelaku pasar masih tinggi, yang dilihat dari pergerakan bursa saham, emas kemungkinan kembali turun.

Minyak Mentah
Penurunan stok minyak mentah sebesar 5,8 juta barel yang dilaporkan oleh American Petroleum Institute (API) menjadi sentimen positif, namun perlu konfirmasi oleh Energy Information Administration (EIA) hari ini. Minyak berpotensi menguat jika EIA melaporkan penurunan stok minyak mentah lebih dari laporan API.

(Putu Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s