Harga Emas Akhir Pekan dan Mingguan Sama-sama Naik

Harga Emas naik pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (13/05) dan ditetapkan untuk mengakhiri pekan ini sedikit lebih tinggi karena pemecatan tiba-tiba kepala FBI di Amerika Serikat memicu kekhawatiran investor dan mendorong permintaan untuk emas, bahkan saat dolar menuju minggu terkuatnya tahun ini.

Harga emas spot LLG naik 0,30 persen menjadi $ 1,228.01 per ons. Emas naik 0,5 persen pada sesi sebelumnya, kenaikan satu hari terbaik dalam sebulan. Untuk minggu ini emas spot naik 0,28 persen, sebagian besar terdukung harapan kenaikan suku bunga AS bulan Juni dan ketidakpastian politik seperti pemecatan Direktur FBI AS. Namun kenaikan tertahan sentimen penguatan bursa Wall Street.

Harga Emas berjangka A.S. untuk pengiriman Juni menambah $ 3,50 untuk menetap di $ 1,227.70 per ons.

Presiden A.S Donald Trump pada hari Kamis menghadapi perlawanan karena memanggil Kepala FBI yang dipecat Comey. Serangan tersebut dengan cepat ditolak oleh senator A.S. dan pejabat pengganti direktur FBI Andrew McCabe, yang berjanji bahwa penyelidikan terhadap kemungkinan hubungan kampanye Trump dengan Rusia akan dilanjutkan.

Tapi membatasi kenaikan emas adalah harapan bahwa Federal Reserve A.S. akan menaikkan suku bunga di bulan Juni.

Aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran A.S. secara tak terduga turun pekan lalu, sementara harga produsen rebound kuat pada bulan April, menunjuk ke pasar tenaga kerja yang mengencangkan dan kenaikan inflasi yang bisa memacu the Fed menaikkan suku bunga.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang mengangkat biaya kesempatan untuk menahan aset yang tidak menghasilkan seperti emas, sekaligus meningkatkan dolar. Dolar sedikit melemah pada hari Jumat, namun menuju minggu terbaik tahun ini sementara saham global mereda dari rekor tertinggi.

Pedagang memperkirakan kemungkinan kenaikan suku bunga 100 persen di bulan Juni, FedExatch CME Group menunjukkan.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 0,88 persen menjadi $ 16,43, ditetapkan untuk kenaikan mingguan pertama dalam empat.

Platinum naik 0,03 persen menjadi $ 914,80, sementara paladium naik 0,22 persen menjadi $ 803,25.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 1,230 – $ 1,232, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,226 – $ 1,224.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s