Market Movers: Probabilitas Kenaikan Suku Bunga AS Dekati 90%

Market Movers: Probabilitas Kenaikan Suku Bunga AS Dekati 90%

Monexnews – Serangkaian data dari AS pada Selasa kemarin membuat pasar Federal Reserve kemungkinan besar akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni. Berdasarkan perangkat FedWatch milik CME Group, pelaku pasar melihat probabilitas kenaikan suku bunga hampir 90%.

Tingginya probabilitas tersebut membuat dollar menguat, dan emas mengalami tekanan. Beberapa data dari zona euro dan AS hari ini juga akan mempengaruhi pergerakan pasar.

Potensi Pergerakan

USDJPY
Melihat tingginya probabilitas kenaikan suku bunga, dan USDJPY yang berada dekat level terendah satu bulan membuat pasangan mata uang ini berpeluang bergerak naik pada hari ini. Data aktivitas manufaktur Chicago bisa menjadi penggerak selanjutnya.

AUDUSD
Sempat naik di awal perdagangan, AUDUSD kemudian berbalik turun, data aktivitas manufaktur dan non-manufaktur China yang masih menunjukkan ekspansi belum mampu mendongkrak kinerja AUDUSD. Pasangan mata uang ini kemungkinan melemah jika harga bijih besi kembali menurun.

EURUSD
Deflasi yang melanda Jerman memberikan tekanan bagi EURUSD, data inflasi zona euro yang diperkirakan melambat kemungkinan akan melemahkan EURUSD lebih lanjut jika sesuai ekspektasi atau lebih rendah. Namun tidak menutup kemungkinan data dirilis lebih baik dari perkiraan dan membuka peluang kenaikan EURUSD.

GBPUSD
Pemilu Inggris yang akan diadakan pekan depan membuat faktor politik mempengaruhi pergerakan GBPUSD. Hasil jajak pendapatan yang menunjukkan penurunan keunggulan Partai Konservatif, ditambah dengan tingginya probabilitas kenaikan suku bunga di AS membuat GBPUSD berpeluang melemah.

Emas
Harga emas sangat sensitif dengan ekspektasi suku bunga di AS, probabilitas kenaikan suku bunga yang hampir 90% membuat emas kemungkinan melemah pada hari ini.

Minyak
Kenaikan produksi di Libya menambah sentimen negatif bagi minyak mentah, membuat harga berpeluang melanjutkan penurunan pada hari ini.

Data ekonomi selengkapnya bisa dilihat di Calendar.

(Putu Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s