Bursa Wall Street Ditutup Naik Pasca Testimoni Comey

Bursa saham AS ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Jumat dinihari (09/06) dengan investor mencerna kesaksian mantan Direktur FBI James Comey.

Indeks Dow Jones berakhir hanya 8 poin lebih tinggi pada hari ini dengan saham Goldman Sachs memberikan kontribusi paling banyak terhadap kenaikan. Dow Jones mencapai rekor intraday, melonjak lebih dari 80 poin pada tengah hari, mengikuti komentar Comey, namun sebagian besar mengalami kenaikan dari penutupan.

Indeks S & P 500 berakhir sedikit lebih tinggi setelah hampir mencapai rekor tinggi 2.440,23, dengan sektor utilitas memimpin penurunan sementara kenaikan saham bank membatasi kerugian. Saham bank, beberapa penerima manfaat awal dari pemilihan Trump, naik pada hari Kamis, dengan SPDR S & P Bank ETF (KBE) melonjak lebih dari 2,5 persen. Investor di ruang tersebut juga terus mengawasi parlemen saat mereka bersiap untuk memberikan suara pada Financial Choice Act.

Indeks Nasdaq menguat 0,4 persen dan level tertinggi intraday dan penutupan tertinggi.

Dalam kesaksiannya, meskipun ada berbagai teori tentang mengapa Comey mungkin dipecat, Comey mengatakan kepada senat : “Saya memegang perkataan presiden bahwa saya dipecat karena penyelidikan Rusia.”

Meskipun Comey mengatakan bahwa dia mengira dia dipecat atas penyelidikan Rusia, dia mengatakan bahwa dia tidak dapat mengatakan apakah Trump bersalah karena menghalangi keadilan. Dia juga mengatakan bahwa Trump tidak secara khusus meminta dia untuk menghentikan penyelidikan Rusia secara keseluruhan.

Lihat : Kesaksian Comey : Dipecat Karena Investigasi Rusia; Trump Tidak Bisa Disalahkan

Harapan untuk reformasi pajak, deregulasi dan belanja infrastruktur merupakan katalis kunci bagi saham setelah pemilihan Trump. Tapi ketidakpastian tentang penerapan langkah-langkah tersebut telah berkembang seiring waktu karena pemerintahan Trump.

Indeks utama melonjak sekitar tengah hari di New York saat kesaksian Comey ditutup; Mereka bertransaksi hampir rata saat Comey berbicara.

Imbal hasil obligasi naik tipis, dengan catatan imbal hasil obligasi 10 tahun berada di dekat 2,208 persen, sementara imbal hasil obligasi dua tahun diperdagangkan mendekati 1,33 persen.

Wall Street juga mencerna berita yang berasal dari Eropa, karena Bank Sentral Eropa mempertahankan suku bunga tidak berubah. ECB menurunkan semua referensi mengenai pemotongan suku bunga di masa depan dari pernyataannya namun menambahkan bahwa pihaknya akan siap untuk memperpanjang program pelonggaran kuantitatif (QE) jika diperlukan. Euro turun 0,4 persen menjadi $ 1,1216 melawan dolar.

Lihat : Kebijakan ECB : Tingkatkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi, Suku Bunga Tetap, Turunkan Prospek Inflasi

Juga di Eropa, para pemilih di Inggris berjalan menuju pemilihan umum. Perdana Menteri Theresa May meminta pemilihan pada bulan April. Tujuh minggu yang lalu, partai Konservatif May memiliki keunggulan yang tampaknya tak tergoyahkan terhadap partai Buruh sayap kiri, namun timbal tersebut telah menyempit secara signifikan sejak saat itu.

Indeks Dow Jones naik 8,84 poin atau 0,04 persen, ditutup pada 21.182,53, dengan kenaikan tertinggi saham Caterpillar dan saham Walt Disney tertinggal.

Indeks S & P 500 naik 0,65 poin atau 0,03 persen, berakhir pada 2.433,79, dengan sektor keuangan memimpin lima sektor lebih tinggi dan sektor utilitas merupakan penurunan terbesar.

Indeks Nasdaq menguat 24,38 poin atau 0,39 persen menjadi ditutup pada 6,321.76.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif dengan kesaksian James Comey yang jika tidak menekan Presiden Trump. Demikian juga proyeksi penurunan inflasi ECB akan memberikan dukungan bagi dollar AS dan Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s