Bursa Wall Street Berakhir Mixed; Nasdaq Raih Kenaikan Beruntun 10 Hari

Bursa Saham A.S. ditutup mixed, masih di dekat level rekor pada akhir perdagangan Jumat dinihari (21/07) dengan mulai berjalannya musim pendapatan, di tengah ketidakpastian baru tentang kemampuan pemerintahan Trump untuk menerapkan proposal pro-pertumbuhannya.

Bloomberg melaporkan bahwa pengacara khusus Robert Mueller sedang menyelidiki urusan bisnis Presiden Donald Trump, Jared Kushner dan rekan lainnya. Ini terjadi sehari setelah Trump memperingatkan Muller untuk tidak melakukannya saat wawancara dengan New York Times pada hari Rabu.

Tiga indeks utama menyentuh posisi terendah sesi pada laporan sebelum naik kembali.

Indeks S & P 500 sempat mencapai level tertinggi sepanjang masa di 2.477,62 namun turun turun 0,02 persen atau 0,38 poin, menjadi 2.473,45. Telekomunikasi memimpin empat sektor lebih tinggi, sementara sektor bahan turun terbesar.

Indeks Dow Jones ditutup turun hampir 29 poin lebih rendah, atau 0,13 persen, di level 21.611,78. Saham Home Depot turun 4 persen sebagai penyumbang terbesar kerugian pada indeks setelah Sears mengatakan akan menjual peralatan ala Alexa di Amazon. Saham Sears ditutup naik 10,6 persen karena berita tersebut. UnitedHealth adalah kontributor terbesar kenaikan di Dow.

Indeks Nasdaq ditutup naik 0,08 persen atau 4,96 poin, pada level 6390, rekor penutupan dan kemenangan beruntun 10 hari pertama sejak Februari 2015. iShares Nasdaq Biotechnology ETF (IBB) ditutup naik 1 persen, sementara Apple turun setengah persen. Nasdaq juga mencapai titik tertinggi sepanjang masa di 6.398,26 di awal sesi.

Analis mengatakan pasar ekuitas telah mampu bangkit kembali dari topik negatif lainnya dari Washington.

Imbal Hasil Treasury turun setelah Bank Sentral Eropa mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Kamis, seperti yang diperkirakan secara luas. Imbal hasil Treasury 10-tahun mencapai 2,255 persen, level terendah sejak 29 Juni.

Namun, euro menghapus kerugian sebelumnya terhadap dolar A.S. setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan pembuat kebijakan akan membahas perubahan potensial pada program pembelian obligasi pada musim gugur ini.

Euro melonjak hampir 1 persen mencapai level tertinggi di $ 1,1655, tertinggi sejak 24 Agustus 2015, pada hari yang sama rata-rata industri Dow Jones turun 1.000 poin.

Kontrak emas untuk pengiriman Agustus ditutup naik 0,28 persen menjadi $ 1,245.50 per ons.

Kontrak minyak mentah A.S. untuk pengiriman Agustus turun 0,7 persen lebih rendah pada $ 46,79 per barel setelah sebelumnya mencapai level tertinggi sejak 7 Juni. Kontrak tersebut diluncurkan pada Kamis, dan kontrak September turun 0,85 persen menjadi $ 46,92 per barel. Pedagang menunggu pertemuan penting produsen minyak pada hari Senin.

Secara keseluruhan, sebagian besar perusahaan telah melaporkan hasil kuartalan yang solid sejauh ini di musim pendapatan. Dari 76 perusahaan S & P 500 yang telah melaporkan Kamis pagi, 76 persen telah melampaui ekspektasi pendapatan sementara 74 persen telah melampaui perkiraan penjualan, menurut data dari The Earnings Scout.

Microsoft, Visa dan eBay adalah beberapa nama besar yang akan dilaporkan setelah penutupan. Blackstone, Travelers, Philip Morris dan Polaris termasuk di antara perusahaan yang melaporkan sebelumnya pada hari Kamis.

Keuntungan di saham teknologi juga membantu indeks yang lebih luas mencapai rekor, dengan sektor ini ditutup pada level tertinggi sejak Maret 2000 pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak mixed mencermati laporan pendapatan emiten, perkembangan pemerintahan Presiden AS Donald Trump dan pergerakan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s