Bursa Wall Street Tertekan Kekuatiran Perang Dagang Dengan Tiongkok

(Vibiznews – Index) Bursa Wall Street merosot pada akhir perdagangan Kamis dinihari (15/03). Indeks Dow Jones jatuh setelah Boeing merosot karena kekhawatiran AS bisa terlibat dengan Tiongkok dalam perang dagang.

Indeks 30 saham ini kehilangan 248.91 poin di 24,758.12 setelah membuka lebih dari 100 poin. Boeing menurun 2.5 persen, memberikan kontribusi yang paling buruk bagi penurunan Dow Jones. Dow jatuh sebanyak 338 poin di awal sesi. Boeing menurun setelah laporan Presiden Donald Trump ingin mengenakan $ 60 miliar tarif pada barang-barang Tiongkok. Investor khawatir Tiongkok bisa membalas pada barang kedirgantaraan raksasa.

Indeks S & P 500 ditutup 0.6 persen lebih rendah di 2,749.48 dengan pelemahan sektor bahan, finansial dan konsumen staples. Indeks juga turun di bawah 50-hari rata-rata bergerak, kunci tingkat teknis.

Indeks Nasdaq tergelincir 0.2 persen di 7,496.81 dengan saham Apple menurun 0.9 persen.

Sumber mengatakan kepada CNBC pada hari Selasa bahwa Washington mempertimbangkan paket perdagangan yang akan menyertakan pembatasan investasi, tidak terbatas tarif dan bahkan berpotensi terhadap pembatasana visa wisatawan Tiongkok.

Trump mentweet pada hari Rabu: “kami tdk bisa tetap menutup mata untuk praktik perdagangan yang tidak adil merajalela terhadap negara kita!”

Bursa Asia menurun, dengan Nikkei 225 jatuh 0.87 persen dan komposit Shanghai menjatuhkan 0.57 persen. di Eropa, Stoxx Eropa 600 naik 0.1 persen sebagai berita perusahaan membantu mengangkat utama indeks.

Pekan lalu, Trump menandatangani dua deklarasi pengenaatn tarif impor pada baja dan aluminium impor – keduanya diperkirakan akan berlaku dalam beberapa Minggu mendatang. Sementara Kanada dan Meksiko dibebaskan dari kesepakatan.

Kekhawatiran atas potensi perang dagang tetap, karena investor khawatir bahwa negara-negara seluruh dunia bisa melakukan pembalasan tarif.

Dalam berita ekonomi, Departemen perdagangan mengatakan penjualan ritel menurun untuk ketiga bulan berturut-turut sebagai rumah tangga menahan pembelian mobil dan barang-barang mahal. Ekonomi telah mengharapkan penjualan naik 0.3 persen. Sementara itu, harga produsen AS sedikit meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Februari. Departemen tenaga kerja mengatakan pada hari Rabu bahwa indeks harga produsen naik 0.2 persen bulan lalu, ekonom yang disurvei oleh Reuters PPI mendapatkan 0.1 persen. Apa yang disebut inti PPI – yang tidak termasuk yang volatill seperti makanan, energi dan layanan perdagangan harga – naik 0.4 persen.

Dalam berita perusahaan, saham perusahaan Ford motor naik 2.2 persen setelah Morgan Stanley mengupgrade perusahaan untuk menguat dari lemah. Bank melihat lebih banyak potensi perusahaan kendaraan bermotor AS menyusul “perubahan signifikan” untuk manajemen senior di perusahaan dan upaya untuk meningkatkan portofolio global.

Saham Qualcomm ditutup 0.7 persen lebih tinggi di perdagangan berombak setelah Broadcom mengumumkan bahwa mereka adalah secara resmi mengakhiri perselisihan tawaran untuk Amerika pembuat chip. Qualcomm saham jatuh hampir 5 persen Selasa setelah Trump memerintahkan Broadcom meninggalkan kesepakatan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan melemah jika ketidakpastian politik pemerintahan Trump dan kekuatiran perang dagang dengan Tiongkok masih mencuat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s