Harga Minyak Bergerak Mixed di Sesi Asia

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah bergerak mixed pada awal perdagangan Asia pada hari Selasa (29/05), tetapi tetap di bawah tekanan dari prospek peningkatan produksi Arab Saudi dan Rusia untuk mengurangi potensi kekurangan pasokan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 80 sen, atau 1,18 persen, pada $ 67,08 per barel. Ini menyelesaikan sesi terakhir dengan harga penutupan terendah sejak 17 April di $ 66,47 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 57 sen, atau 0,76 persen, pada $ 75,87 per barel pada 0028 GMT, setelah menetap di terendah sejak 8 Mei di $ 75,30.

Kekhawatiran bahwa Arab Saudi dan Rusia dapat meningkatkan produksi telah menekan harga minyak, bersama dengan meningkatnya produksi minyak di Amerika Serikat.

Arab Saudi dan Rusia telah membahas peningkatan produksi minyak OPEC dan non-OPEC oleh sekitar 1 juta barel per hari untuk menutupi kekurangan pasokan potensial dari Venezuela dan Iran.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan bertemu di Wina pada 22 Juni.

Sementara itu, rekor volume minyak mentah dari Amerika Serikat akan menuju ke Asia dalam beberapa bulan mendatang, menekan pangsa pasar OPEC dan Rusia.

Produksi minyak AS telah melonjak lebih dari 27 persen dalam dua tahun terakhir menjadi 10,73 juta barel per hari (bpd). Itu menempatkan Amerika Serikat di atas eksportir utama Arab Saudi, dan hanya Rusia yang memompa lebih banyak, sekitar 11 juta bpd.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak masih berpotensi lemah dengan kekuatiran peningkatan produksi AS, Rusia dan Arab Saudi. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 66,50-$ 66,00, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 67,50-$ 68,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s