Emas Dunia Stabil Setelah Terkoreksi Risalahnya the Fed, Emas Antam Turun ke Rp680.000 per gram

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas dunia terpantau stabil pada perdagangan Kamis siang (18/10) WIB, setelah melemah di sesi sebelumnya karena penguatan dolar setelah risalah pertemuan September Federal Reserve memperkuat ekspektasi kebijakan moneter AS yang lebih ketat.

Spot emas naik 0,1 persen ke level $ 1,222.47 per ounce pada Kamis menjelang siang WIB. Pada hari Senin, harga emas ini sempat menyentuh level tertingginya sejak 26 Juli di $1.233,26 per ounce. Emas berjangka AS turun 0,1 persen pada $1,226.40 per ounce.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, menjelang tengah hari WIB ini menguat tipis ke level 95,67 dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 95,63.

Dolar diperdagangkan menguat dibandingkan mata uang utama lainnya pada Kamis ini setelah minutes dari pertemuan Federal Reserve bulan September mengkonfirmasi ekspektasi bahwa bank sentral kemungkinan akan terus menaikkan suku bunganya tahun ini.

Para pembuat kebijakan the Fed umumnya sepakat pada kebutuhan untuk menaikkan biaya pinjaman lebih lanjut, demikian risalah terbaru dari pertemuan kebijakan mereka, meskipun Presiden AS Donald Trump memandang bahwa kenaikan suku bunga sudah terlalu jauh.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa spot emas dunia secara  umum mulai bergerak dalam rentang konsolidasi baru di atas $1,1215, setelah dalam konsolidasi rendah dua bulan dan sebelumnya lagi dalam downtrend dari awal April, sedangkan dollar tampak didongkrak rilis risalah the Fed. Harga emas, kalau tertekan, akan menuju level support di $1.180,32 dan $1.159,79. Sedangkan, bila terdongkrak ke atas akan menuju ke level resistant $1.232,83 dan level $1.234,77.

Di dalam negeri, harga emas ANTAM terpantau turun Rp3.000 ke level harga Rp680.000 per gramnya, dibandingkan harga pada Rabu kemarin di Rp684.000.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s